Apa jenis hama yang sering menyerang pada tanam PePaya?​

Berikut ini adalah pertanyaan dari mi9553086 pada mata pelajaran Ekonomi untuk jenjang Sekolah Dasar

Apa jenis hama yang sering menyerang pada tanam PePaya?​

Jawaban dan Penjelasan

Berikut ini adalah pilihan jawaban terbaik dari pertanyaan diatas.

1. Kutu perisai

Serangga ini mengisap cairan daun yang menyebabkan timbulnya nekrosis pada bagian yang dihisap. Pada tingkat serangan berat, permukaan bawah daun dapat penuh tertutup lapisan seperti sisik. Pada permukaan atas daun terdapat bercak-bercak kuning. Serangan serangga ini menyebabkan daun menjadi kering dan rontok.

2. Kutu dompolan

Tanaman yang terserang hama ini mengalami gangguan pertumbuhan karena hama ini mengisap cairan buah, daun atau bagian lain pada tempat mereka berada. Bagian tanaman yang terserang dipenuhi massa putih seperti lilin yang bertepung. Kutu ini memproduksi embun madu yang dapat menjadi media pertumbuhan embun jelaga yang menyebabkan jaringan papaya diliputi lapisan berwarna hitam seperti jelaga.

Hama ini hidup berkelompok pada batang, daun, bunga sampai buah. Serangan dewasa berbentuk oval, pipih, berwarna kuning kecoklatan, kuning muda atau kuning tua. Kutu ini berukuran panjang 3 – 4 mm dengan lebar 1.5 – 2 mm, tubuhnya diliputi massa putih seperti lilin yang bertepung.

3. Tungau merah

Tungau sangat cepat berkembang biak dan dalam waktu singkat dapat menyebabkan kerusakan yang berat. Bagian tanaman yang diserang antara lain tangkai, daun dan buah.

4. Kutu putih papaya

Kutu putih papaya Paracoccus marginatus adalah hama polifag dan paling banyak menimbulkan kerusakan pada tanaman papaya. Populasi kutu putih, apabila tidak dikendalikan, dapat menurunkan hasil panen hingga 58%, dan biaya produksi meningkat 84%. Peningkatan biaya produksi terjadi karena meningkatnya penggunaan insektisida untuk mengendalikan populasi serangga ini.

Semoga dengan pertanyaan yang sudah terjawab oleh tunggadewisyafira dapat membantu memudahkan mengerjakan soal, tugas dan PR sekolah kalian.

Apabila terdapat kesalahan dalam mengerjakan soal, silahkan koreksi jawaban dengan mengirimkan email ke yomemimo.com melalui halaman Contact

Last Update: Wed, 22 Feb 23