Kwgagalan pasar oleh owner ship exteenalities

Berikut ini adalah pertanyaan dari rasidman16 pada mata pelajaran Ekonomi untuk jenjang Sekolah Menengah Atas

Kwgagalan pasar oleh owner ship exteenalities

Jawaban dan Penjelasan

Berikut ini adalah pilihan jawaban terbaik dari pertanyaan diatas.

Jawaban:

Owner ship exteenalities adalah externalities yang terjadi ketika keputusan pemilik suatu aset mempengaruhi orang lain, baik negatif maupun positif. Kegagalan pasar dapat terjadi karena adanya owner ship exteenalities yang tidak diakui oleh pasar.

Contoh sederhana owner ship exteenalities adalah ketika seseorang memiliki rumah yang terletak di dekat sekolah, dan keputusan pemilik rumah tersebut untuk memelihara taman di depannya akan mempengaruhi orang lain yang berada di sekitar rumah tersebut. Pemeliharaan taman tersebut dapat memberikan manfaat bagi orang lain, misalnya dengan menambah keindahan lingkungan sekitar sekolah. Namun, jika pemilik rumah tidak memelihara taman dengan baik, maka orang lain di sekitarnya dapat merasakan dampak negatifnya, seperti terganggunya keindahan lingkungan atau bahkan terjadinya kerusakan pada taman tersebut.

Kegagalan pasar dapat terjadi karena owner ship exteenalities ini karena pasar tidak dapat mengakomodasi externalities tersebut dalam proses penentuan harga atau produksi suatu aset. Sehingga, pemilik aset tidak akan diakui oleh pasar sebagai pemegang hak atas externalities yang dihasilkan, sehingga pemilik aset tidak akan menerima kompensasi atas externalities tersebut.

Untuk mengatasi kegagalan pasar yang disebabkan oleh owner ship exteenalities, dapat dilakukan beberapa langkah seperti pemberian subsidi atau pajak bagi pemilik aset yang memelihara asetnya dengan baik, pemberian insentif bagi pemilik aset yang memelihara asetnya dengan baik.

Semoga dengan pertanyaan yang sudah terjawab oleh aaabeh dapat membantu memudahkan mengerjakan soal, tugas dan PR sekolah kalian.

Apabila terdapat kesalahan dalam mengerjakan soal, silahkan koreksi jawaban dengan mengirimkan email ke yomemimo.com melalui halaman Contact

Last Update: Fri, 24 Mar 23