Buatlah 20 transaksi perusahaan dagang beserta jurnalnya

Berikut ini adalah pertanyaan dari ameliahusnah346 pada mata pelajaran Ekonomi untuk jenjang Sekolah Dasar

Buatlah 20 transaksi perusahaan dagang beserta jurnalnya

Jawaban dan Penjelasan

Berikut ini adalah pilihan jawaban terbaik dari pertanyaan diatas.

Jawaban:

1. Menyiapkan lembar jurnal

Langkah pertama, kamu harus menyiapkan lembar jurnal umum untuk mencatat transaksi. Nah, biasanya perusahaan sudah menyiapkan pencatatan akuntansi secara manual.

2. Kumpulkan Semua Bukti Transaksi

Selanjutnya, kamu kumpulkan semua bukti transaksi yang nantinya akan dimasukkan ke dalam jurnal. Semua bukti transaksi dikumpulkan berdasarkan tanggal transaksi yang lama dulu.

Kenapa ? karena pencatatan akuntansi dilakukan secara historis, hal ini dapat memudahkan kamu dalam proses mencatat dan untuk menghindari transaksi yang terlewat.

3. Identifikasi Akun yang Berkaitan dengan Transaksi

Setiap jurnal umum di masing-masing usaha memiliki nama akun yang berbeda.

Kalo pada perusahaan dagang, nama akun yang harus dicatat seperti pembelian barang dagang, penjualan barang dagang, retur barang, dan diskon atau potongan pembelian serta penjualan barang.

4. Identifikasi Jumlah Saldo Akun Sesuai Kegiatannya

Sesudah kamu menentukan nama akun yang akan dicatat, kamu harus tahu juga total saldo di masing-masing akun. Dalam mengidentifikasi hal ini harus tepat agar tidak terjadi kesalahan pemostingan di buku besar nantinya.

Baca juga : Bagaimana Cara Membuat Jurnal Umum untuk Bisnismu?

5. Menulis Nominal Secara Teliti

Setelah kamu melakukan langkah diatas, kamu harus mengecek ulang setiap angka yang tertulis pada jurnal dan disesuaikan dengan bukti transaksi.

Hal ini sangat penting agar tidak ada kesalahan dalam pemasukan data pada jurnal untuk menghindari ketidakseimbangan saldo.

Semoga dengan pertanyaan yang sudah terjawab oleh malahmasrul dapat membantu memudahkan mengerjakan soal, tugas dan PR sekolah kalian.

Apabila terdapat kesalahan dalam mengerjakan soal, silahkan koreksi jawaban dengan mengirimkan email ke yomemimo.com melalui halaman Contact

Last Update: Mon, 02 May 22