tolong bantu jawab yaaaaa​

Berikut ini adalah pertanyaan dari pb5527520 pada mata pelajaran PPKn untuk jenjang Sekolah Menengah Pertama

Tolong bantu jawab yaaaaa​
tolong bantu jawab yaaaaa​

Jawaban dan Penjelasan

Berikut ini adalah pilihan jawaban terbaik dari pertanyaan diatas.

7. Keberhasilan TKR mengusir Sekutu dari Ambarawa menjadi satu peristiwa penting, sebab berhasil mengamankan Jawa Tengah dari penguwasa tentara Sekutu. (Jawaban A)

8. Dampak serangan umum 1 Maret 1949 bagi perjuangan Diplomasi Indonesia bagi luar negeri adalah dukungan internasional terhadap masalah Indonesia meningkat. (Jawaban C)

9. Kecaman dunia internasional terhadap Agresi Militer 1 terutama datang dari India dan Australia. (Jawaban D)

PEMBAHASAN

Nomor 7

Dalam pertempuran yang dikomandani oleh Jenderal Sudirman, TKR berhasil mengusir Sekutu dari Ambarawa. Peristiwaini dianggappenting sebabkeberhasilan TKR menunjukkan kekuatan TNI dalam melawan Sekutu demimempertahankan wilayah Jawa Tengah.

Nomor 8

Serangan Umum 1 Maret 1949 memberi dampak besar untuk perwakilan Indonesia yang sedang memperjuangkan kedaulatan negara Indonesia, yaitu Diplomasi Indonesia bagi luar negeri meningkat berupa dukungan terhadap Indonesia semakin meningkat.

Nomor 9

Dalam buku karya A.H Nasution tentang Perang Kemerdekaan Indonesia pada tahun 1991. Agresi Militer Belanda I mendapatkan kecaman dari dunia Internasional dan juga PBB.

  • Terutama India dan Australia, kedua negara ini mengajukan permasalahan Agresi Militer Belanda I untuk dibahas dalam agenda sidang Dewan Keamanan PBB tanggal 31 Juli 1947.
  • Hasil sidang saat itu, Dewan Keamanan PBB mengeluarkan himbauan untuk Belanda dan Indonesia agar menghentikan pertempuran fisik dan mengadakan gencatan senjata melalui perjanjian Renville, yaitu pada tanggal 17 Januari tahun 1948.

PELAJARI LEBIH LANJUT

Agresi militer Belanda I : yomemimo.com/tugas/37417323

Detail Jawaban

Kelas: 7

Mapel: PPKN

Materi: Sejarah

Kode: 7.9

Semoga dengan pertanyaan yang sudah terjawab oleh cicih23 dapat membantu memudahkan mengerjakan soal, tugas dan PR sekolah kalian.

Apabila terdapat kesalahan dalam mengerjakan soal, silahkan koreksi jawaban dengan mengirimkan email ke yomemimo.com melalui halaman Contact

Last Update: Thu, 26 Aug 21