Berikut ini adalah pertanyaan dari haigwmanusia888 pada mata pelajaran Bahasa lain untuk jenjang Sekolah Menengah Pertama
Jawaban dan Penjelasan
Berikut ini adalah pilihan jawaban terbaik dari pertanyaan diatas.
Bab 1-3 adalah sebuah kesatuan yang (kecuali sisipan dalam 1Sa 2:27-36) sudah terbentuk sebelum dimasukkan ke dalam kitab Samuel. Bagian ini adalah sebuah tradisi yang agaknya berasal dari Silo. Di dalamnya tergabung tiga unsur: 1. Ceritera mengenai kelahiran Samuel yang menjadi petugas di tempat kudus di Silo; 2. ceritera mengenai anak-anak Eli; 3. ceritera mengenai Tuhan yang menyatakan diri kepada Samuel. Kedua unsur terakhir dihubungkan satu sama lain melalui kesalahan anak-anak Eli yang mesti dihukum. Seluruh kisah ini adalah tua sekali dan mengenai hal-hal yang sungguh-sungguh terjadi.
Jerusalem: 1Sam 1:3 - TUHAN semesta alam
Ini menterjemahkan ungkapan Ibrani: YHWH zebaot, yang secara harafiah dapat diterjemahkan: TUHAN balatentara. "Balatentara" itu mungkin tentara umat Israel atau "balatentara" jagat raya, bintang-bintang atau malaikat-malaikat atau daya-daya alam semesta. Makna sebenarnya ungkapan itu tidak diketahui. Gelar Allah itu di sini untuk pertama kalinya muncul dalam Kitab Suci dan berhubungan dengan ibadat di Silo. Ungkapan "TUHAN balatentara yang bersemayam di atas para kerub" untuk pertama kalinya tampil dalam 1Sa 4:4 sehubungan dengan tabut perjanjian di Silo. Gelar "TUHAN balatentara" itu tetap terkait pada ibadat di sekitar tabut perjanjian, sehingga kemudian bersama dengan tabut itu pindah ke Yerusalem, 2Sa 6:2,18; 7:8,27. Para nabi besar (kecuali Yehezkiel) dan nabi-nabi yang berkarya di masa sesudah pembuangan tetap memakai gelar tsb
Jerusalem: 1Sam 1:3 - Silo
Dewasa ini tempat itu disebut Seilun yang terletak l.k. 20 km di sebelah selatan Napluse. Di zaman para Hakim dan mungkin sudah di masa Yosua, bdk Yos 18:1+, tabut perjanjian ditempatkan di Silo dalam semacam kuil. Kuil itu agaknya oleh orang Filistin dihancurkan waktu mereka mengalahkan Israel, 1Sa 4; bdk Yer 7:12; 26:6,9; Maz 78:60. Ziarah tahunan yang disebut di sini ialah ziarah raya Pondok Daun, bdk Kel 23:14.
Ende: 1Sam 1:3 - Sjilo
adalah satu tempat sutji dinegeri Israil dan tempat djiarah. Hanja dikemudian hari Bait-Allah di Jerusalem mendjadi pusat agama dan satu2nja tempat dimana orang boleh mempersembahkan kurban kepada Jahwe.
Ref. Silang FULL: 1Sam 1:3 - ke tahun // sujud menyembah // di Silo // anak Eli
· ke tahun: 1Sam 1:21; Kel 23:14; 1Sam 2:19; 20:6,29; Luk 2:41
· sujud menyembah: Ul 12:5-7
· di Silo: Yos 18:1; [Lihat FULL. Yos 18:1]
· anak Eli: 1Sam 2:31; 14:3
3. Tuhan semesta alam. Sebuah gelar untuk Allah, pemimpin bala tentara Israel di bumi (Kel. 7:4; Mzm. 44:10) dan panglima pasukan surgawi yang bisa merupakan (a) benda-benda langit seperti matahari, bulan dan bintang atau (b) makhluk-makhluk angkasa. Gelar ini dikenakan kepada nama ilahi Yehovah dan di dalam Kitab Samuel inilah dipakai untuk pertama kalinya di dalam Perjanjian Lama; gelar ini menyatakan kedaulatan-Nya atas alam semesta. Di Silo. Silo terus merupakan pusat religius dari bangsa itu hingga sesudah hilangnya tabut perjanjian di dalam pertempuran yang mendatangkan malapetaka di Ebenhaezer. Nob kemudian menggantikan Silo sebagai pusat religius. Yeremia menunjuk kepada kegersangan Silo sebagai saksi tetap dari hukuman Allah, "Tetapi baiklah pergi dahulu ke tempat-Ku yang di Silo itu, di mana Aku membuat nama-Ku diam dahulu dan lihatlah apa yang telah Kulakukan kepadanya karena kejahatan umat-Ku Israel!" (7:12). Kedua anak Eli, Hofni dan Pinehas. Hofni artinya kecebong dan Pinehas artinya si negro.
Semoga dengan pertanyaan yang sudah terjawab oleh hansenky dapat membantu memudahkan mengerjakan soal, tugas dan PR sekolah kalian.
Apabila terdapat kesalahan dalam mengerjakan soal, silahkan koreksi jawaban dengan mengirimkan email ke yomemimo.com melalui halaman Contact
Last Update: Wed, 06 Jul 22