berikan contoh recount text yg singkat beserta strukturnya!​

Berikut ini adalah pertanyaan dari idapurnamadewi24 pada mata pelajaran B. inggris untuk jenjang Sekolah Menengah Pertama

Berikan contoh recount text yg singkat beserta strukturnya!

Jawaban dan Penjelasan

Berikut ini adalah pilihan jawaban terbaik dari pertanyaan diatas.

Jawaban:

Holiday at Home

(Liburan di Rumah)

Orientation (Pembukaan)

Last thursday was my day off. I didn’t go anywhere. I just stay at home for two weeks to did the same activities routinely, over and over again. I felt that was the worst day I have ever passed.

Hari Kamis yang lalu adalah hari liburku. Aku tidak pergi kemana-mana. Aku hanya menghabiskan waktu dirumah dengan melakukan aktivitas yang sama, lagi dan lagi. Aku merasa itu menjadi hari terburuk yang pernah aku alami.

Event (Isi)

I woke up earlier and did subuh prayer. After that, I had breakfast with my family in the morning. At 08.00 am, I turned on computer and played many games. Not felt, it was 10.00 o’clock, I rushed to take a bath to freshen my body.

Then, I watched my favorite TV programs until it almost midday. At 01.00 pm, I went to bathroom to ablution and immediately did zuhur prayer. Then, I had lunch and helped my mother to clean the house.

Because I was tired, I felt asleep on the couch. Unexpectedly, after waking up I had a guest who could cheer me up, my aunt came with her child. I kept playing with my nieces until nightfall.

Saya bangun lebih awal dan melakukan sholat subuh. Setelah itu, saya sarapan bersama keluarga di pagi harinya. Pada jam 8.00, aku menghidupkan komputer dan bermain game. Tak terasa, sudah pukul 10.00. Saya bergegas mandi untuk menyegarkan badanku.

Kemudian, aku menonton acara TV kesukaanku hingga menjelang siang. Pada pukul 13.00, Aku pergi ke kamar mandi untuk berwudhu dan segera melakukan sholat zuhur. Lalu, aku makan siang dan membantu ibu membersihkan rumah.

Karena kecapekan, aku tertidur di sofa. Tak disangka, setelah bangun tidur aku sudah kedatangan tamu yang bisa menghibur hati, bibi datang bersama anaknya yang masih kecil. Aku terus bermain bersama keponakanku hingga menjelang malam.

Re-orientation (Kesimpulan)

Although just a home holiday, at least to refresh my mind from the routine activities in the office.

Meskipun hanya liburan dirumah, paling tidak dapat menyegarkan pikiranku untuk menjalankan aktivitas rutin di kantor. Kami berangkat pukul

2. Contoh Recount Text tentang Liburan ke Pantai

ilustrasi liburan di pantai

Going to Cermin Beach

(Pergi ke Pantai Cermin)

Orientation (Pembukaan)

A few months ago, I went to Cermin beach with my family. It is located in Serdang Bedagai district about 53 km from Medan city, North Sumatera. The trip there took about 1,5 hours. We left from Medan at 07.30 using a car and we arrived about 09.00 o’clock.

Beberapa bulan yang lalu, aku pergi ke pantai Cermin bersama keluarga. Lokasi pantai itu terletak di Kabupaten Serdang Bedagai, sekitar 53 km dari kota Medan, Sumatera Utara. Perjalanan kesana membutuhkan waktu 1,5 jam. Kami berangkat dari kota medan pukul 07.30 menggunakan mobil dan kami sampai sekitar pukul 09.00.

Event (Isi)

As arrived there, my parents rented a hut to take a rest. I and my brother immediately ran towards the beach. It looked sunny day with the blue sky and I felt a gentle breeze. The waves there were suitable for swimming, but unfortunately I couldn’t swim. I just played with white sand and built a sand castle. I didn’t forget to take a selfie with the background of beautiful beach.

At noon, I began to feel hungry. I approached the rented hut. Apparently, my mother had prepared food for us. I felt happy to be able to vacation with family and enjoyed the beauty of nature created by God.

Sesampainya disana, orang tua saya menyewa pondok untuk tempat beristirahat. Aku dan adik berlari mendekati pantai. Aku dan adik langsung berlari mendekati pantai. Saat itu hari terlihat sangat cerah dengan langit biru dan aku merasakan hembusan angin yang sepoi-sepoi. Ombak disana cocok untuk berenang, namun sayangnya aku tidak bisa berenang. Aku hanya bermain pasir putih dan membangun sebuah istana pasir. Aku pun tak lupa mengambil foto selfie dengan latar belakang pantai yang sangat indah.

Di siang hari, aku mulai merasa lapar. Aku mendekati pondok yang disewa. Rupanya, ibuku sudah menyiapkan makanan untuk kami. Aku merasa senang bisa berlibur bersama keluarga dan menikmati keindahan alam yang diciptakan oleh Tuhan.

Re-orientation (Kesimpulan)

Not felt, the day had begun in the evening. We hurried to go home. Before went to home, I bought some souvenirs there. Finally, we arrived at 6:00 PM because the trip was jammed.

Tak terasa, hari sudah mulai petang. Kami bergegas untuk pulang ke rumah. Sebelum pulang, aku membeli beberapa oleh-oleh disana. Akhirnya, kami sampai di rumah pukul 18.00 karena sepanjang perjalanan macet.

Penjelasan:

SEMOGA MEMBANTU,JANGAN LUPA FOLOW

Semoga dengan pertanyaan yang sudah terjawab oleh kadekfrisyla dapat membantu memudahkan mengerjakan soal, tugas dan PR sekolah kalian.

Apabila terdapat kesalahan dalam mengerjakan soal, silahkan koreksi jawaban dengan mengirimkan email ke yomemimo.com melalui halaman Contact