Berikut ini adalah pertanyaan dari afdaliyahananda81 pada mata pelajaran B. Indonesia untuk jenjang Sekolah Menengah Atas
Jawaban dan Penjelasan
Berikut ini adalah pilihan jawaban terbaik dari pertanyaan diatas.
Jawaban:
PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS APLIKASI PADA
SMARTPHONE ANDROID DILENGKAPI GAME TWOPLAYER
TERHADAP HASIL BELAJAR KOGNITIF SISWA
Siti Solehah1
1. Program Studi Pendidikan Fisika
2. Jurusan PMIPA Universitas Jambi
Email : [email protected]
ABSTRACT
The purpose of this study to determine the effect of application-based instructional media on the smartphone
android equipped with two player games on student learning cognitive results. This research uses mixed methods of
research design with explanatory design type. The population in this study is all students of class XII IPA SMA N 11
Kota Jambi. The sample used in this research there are two classes of class XII IPA 2 as control class and XII IPA
4 experimental class. The data collection of this research using test, observation, interview and documentation.
The result of hypothesis testing shows the value of Sig. (1-tailed) 0,0015 <0,05 with df = 71. Thus, the result of t-
test can be concluded that shows there are significant differences in students' cognitive learning outcomes between
experimental groups using android and besed learning media and control group. By use this android applications
students become more eager to dig deeper information.
Key words: Android smartphone, cognitive learning outcomes. learning Media,
ABSTRAK
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh penerapan media pembelajaran berbasis aplikasi pada smartphone
android dilengkapi game twoplayer terhadap hasil kognitif belajar siswa. Penelitian ini menggunakan mixed
methods research design dengan tipe explanatory design. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas
XII IPA SMA N 11 Kota Jambi. Sampel yang digunakan pada penelitian ini ada dua kelas yaitu kelas XII IPA 2
sebagai kelas kontrol dan XII IPA 4 kelas eksperimen. Pengumpulan data penelitian ini menggunakan tes, obsevasi,
wawancara dan dokumentasi. Hasil pengujian hipotesis menunjukkan besarnya nilai Sig. (1-tailed) 0,0015 < 0,05
dengan df= 71. Dengan demikian, hasil uji-t tersebut dapat disimpulakn bahwa menunjukan terdapat perbedaan
hasil belajar kognitif siswa yang signifikan antara kelompok eksperimen yang menggunakan media pembelajaran
bebasis android dan kelompok control. Dengan mengguanakan aplikasi android ini siswa menjadi lebih
bersemangat untuk menggali informasi lebih dalam.
Kata Kunci : hasil belajar kognitif. Media Pembelajaran, smartphone android,
PENDAHULUAN
Dalam dunia pendidikan, pelajaran fisika
adalah cabang ilmu yang mempelajari
gejala-gejala alam dan lingkungan.
Keberhasilan mempelajari fisika dapat
membentuk pola pikir siswa yang matang
sebagai modal untuk melanjutkan kehidupan
baik dalam hal berinteraksi dengan sesama
maupun lingkungan sekitar. Ilmu
pendidikan berkaitan erat dengan proses
pembelajaran yang terdiri dari siswa,
pendidik dan lingkungan yang saling
mempengaruhi satu sama lain untuk
mencapai tujuan pendidikan. Faktor
penunjang tercapainya tujuan pembelajaran
adalah dengan adanya media pembelajaran.
Penggunaan media pembelajaran yang
bervariasi akan meningkatkan motivasi
belajar pemahaman konsep dan memicu
siswa agar lebih aktif dan kreatif, media
juga dapat membantu siswa untuk belajar
mandiri (student center).
Menurut Brings dalam Sudirman (2005).
Media adalah alat bantu disadari oleh
Penjelasan:
Semoga dengan pertanyaan yang sudah terjawab oleh bambangs123 dapat membantu memudahkan mengerjakan soal, tugas dan PR sekolah kalian.
Apabila terdapat kesalahan dalam mengerjakan soal, silahkan koreksi jawaban dengan mengirimkan email ke yomemimo.com melalui halaman Contact
Last Update: Fri, 29 Apr 22