Anda akan mengajarkan pelajaran Matematika dengan topik keliling dan luas

Berikut ini adalah pertanyaan dari unknown pada mata pelajaran B. Indonesia untuk jenjang Sekolah Menengah Atas

Anda akan mengajarkan pelajaran Matematika dengan topik keliling dan luas daerah persegi, persegi panjang dan segitiga kepada siswa kelas 4 SD Suka Maju. Buatlah rancangan untuk pemanfaatan media pembelajaran dengan model ASSURE. Untuk membantu Anda dalam memilih dan memanfaatkan media pembelajaran, isilah tabel perencanaan di bawah ini sesuai dengan kompetensi dan materi tersebut!​
Anda akan mengajarkan pelajaran Matematika dengan topik keliling dan luas daerah persegi, persegi panjang dan segitiga kepada siswa kelas 4 SD Suka Maju. Buatlah rancangan untuk pemanfaatan media pembelajaran dengan model ASSURE. Untuk membantu Anda dalam memilih dan memanfaatkan media pembelajaran, isilah tabel perencanaan di bawah ini sesuai dengan kompetensi dan materi tersebut!​

Jawaban dan Penjelasan

Berikut ini adalah pilihan jawaban terbaik dari pertanyaan diatas.

Rancangan untuk pemanfaatan media pembelajaran dengan model ASSURE:

Kegiatan awal:

  • Guru dan murid memulai kegiatan pembelajaran dengan melakukan doa bersama.
  • Guru memeriksa kehadiran murid-muridnya.
  • Guru menyampaikan tujuan dari pembelajaran.

Kegiatan inti:

1. Eksplorasi:

  • Analisis karakteristik murid dengan:
  1. Memberikan soal pretest untuk meninjau kemampuan murid.
  2. Melakukan eksperimen terhdap beberapa kelas dan membandingkannya.
  • Menyampaikan atau menerangkan tujuan dari pembelajaran.

2. Elaborasi

  • Memilih metode, strategi, dan media yang digunakan selama proses pembelajaran (seperti media pc berbasis game).
  • Menggunakan media dan bahan ajar untuk membantu murid dalam mencapai tujuan dari pembelajaran (memberikan pc game kepada kelompok yang telah ditentukan di awal, memeragakan penggunaan media, murid memperhatikan lalu mempraktikkannya).

3. Konfirmasi

  • Melibatkan murid dalam proses pembelajaran seperti melakukan tanya jawab, meminta perwakilan murid untuk mengerjakan soal, dan terakhir guru memberikan statement sebagai penguat.

Kegiatan akhir

  • Mengevaluasi hasil dan program pembelajaran seperti guru menyuruh murid untuk menyimpulkan pembelajaran, guru memberikan evaluasi dan menutup pembelajaran, kemudian diakhiri dengan doa bersama.

(Tabel perencanaan seperti yang terlampir.)

Pembahasan:

Dalam merencanakan pemanfaatan media dibutuhkan beberapa langkah, yaitu terdiri atas penentuan kegiatan awal, inti, dan akhir. Adapun kegiatan inti terbagi menjadi beberapa jenis, yaitu eksplorasi, elaborasi, dan konfirmasi.

Pelajari lebih lanjut

Pelajari lebih lanjut mengenai materi rancangan pembelajaran pada yomemimo.com/tugas/51509585

#BelajarBersamaBrainly #SPJ1

Rancangan untuk pemanfaatan media pembelajaran dengan model ASSURE:Kegiatan awal:Guru dan murid memulai kegiatan pembelajaran dengan melakukan doa bersama.Guru memeriksa kehadiran murid-muridnya.Guru menyampaikan tujuan dari pembelajaran.Kegiatan inti:1. Eksplorasi:Analisis karakteristik murid dengan:Memberikan soal pretest untuk meninjau kemampuan murid.Melakukan eksperimen terhdap beberapa kelas dan membandingkannya.Menyampaikan atau menerangkan tujuan dari pembelajaran. 2. ElaborasiMemilih metode, strategi, dan media yang digunakan selama proses pembelajaran (seperti media pc berbasis game).Menggunakan media dan bahan ajar untuk membantu murid dalam mencapai tujuan dari pembelajaran (memberikan pc game kepada kelompok yang telah ditentukan di awal, memeragakan penggunaan media, murid memperhatikan lalu mempraktikkannya).3. KonfirmasiMelibatkan murid dalam proses pembelajaran seperti melakukan tanya jawab, meminta perwakilan murid untuk mengerjakan soal, dan terakhir guru memberikan statement sebagai penguat.Kegiatan akhirMengevaluasi hasil dan program pembelajaran seperti guru menyuruh murid untuk menyimpulkan pembelajaran, guru memberikan evaluasi dan menutup pembelajaran, kemudian diakhiri dengan doa bersama.(Tabel perencanaan seperti yang terlampir.)Pembahasan:Dalam merencanakan pemanfaatan media dibutuhkan beberapa langkah, yaitu terdiri atas penentuan kegiatan awal, inti, dan akhir. Adapun kegiatan inti terbagi menjadi beberapa jenis, yaitu eksplorasi, elaborasi, dan konfirmasi.Pelajari lebih lanjutPelajari lebih lanjut mengenai materi rancangan pembelajaran pada brainly.co.id/tugas/51509585#BelajarBersamaBrainly #SPJ1Rancangan untuk pemanfaatan media pembelajaran dengan model ASSURE:Kegiatan awal:Guru dan murid memulai kegiatan pembelajaran dengan melakukan doa bersama.Guru memeriksa kehadiran murid-muridnya.Guru menyampaikan tujuan dari pembelajaran.Kegiatan inti:1. Eksplorasi:Analisis karakteristik murid dengan:Memberikan soal pretest untuk meninjau kemampuan murid.Melakukan eksperimen terhdap beberapa kelas dan membandingkannya.Menyampaikan atau menerangkan tujuan dari pembelajaran. 2. ElaborasiMemilih metode, strategi, dan media yang digunakan selama proses pembelajaran (seperti media pc berbasis game).Menggunakan media dan bahan ajar untuk membantu murid dalam mencapai tujuan dari pembelajaran (memberikan pc game kepada kelompok yang telah ditentukan di awal, memeragakan penggunaan media, murid memperhatikan lalu mempraktikkannya).3. KonfirmasiMelibatkan murid dalam proses pembelajaran seperti melakukan tanya jawab, meminta perwakilan murid untuk mengerjakan soal, dan terakhir guru memberikan statement sebagai penguat.Kegiatan akhirMengevaluasi hasil dan program pembelajaran seperti guru menyuruh murid untuk menyimpulkan pembelajaran, guru memberikan evaluasi dan menutup pembelajaran, kemudian diakhiri dengan doa bersama.(Tabel perencanaan seperti yang terlampir.)Pembahasan:Dalam merencanakan pemanfaatan media dibutuhkan beberapa langkah, yaitu terdiri atas penentuan kegiatan awal, inti, dan akhir. Adapun kegiatan inti terbagi menjadi beberapa jenis, yaitu eksplorasi, elaborasi, dan konfirmasi.Pelajari lebih lanjutPelajari lebih lanjut mengenai materi rancangan pembelajaran pada brainly.co.id/tugas/51509585#BelajarBersamaBrainly #SPJ1Rancangan untuk pemanfaatan media pembelajaran dengan model ASSURE:Kegiatan awal:Guru dan murid memulai kegiatan pembelajaran dengan melakukan doa bersama.Guru memeriksa kehadiran murid-muridnya.Guru menyampaikan tujuan dari pembelajaran.Kegiatan inti:1. Eksplorasi:Analisis karakteristik murid dengan:Memberikan soal pretest untuk meninjau kemampuan murid.Melakukan eksperimen terhdap beberapa kelas dan membandingkannya.Menyampaikan atau menerangkan tujuan dari pembelajaran. 2. ElaborasiMemilih metode, strategi, dan media yang digunakan selama proses pembelajaran (seperti media pc berbasis game).Menggunakan media dan bahan ajar untuk membantu murid dalam mencapai tujuan dari pembelajaran (memberikan pc game kepada kelompok yang telah ditentukan di awal, memeragakan penggunaan media, murid memperhatikan lalu mempraktikkannya).3. KonfirmasiMelibatkan murid dalam proses pembelajaran seperti melakukan tanya jawab, meminta perwakilan murid untuk mengerjakan soal, dan terakhir guru memberikan statement sebagai penguat.Kegiatan akhirMengevaluasi hasil dan program pembelajaran seperti guru menyuruh murid untuk menyimpulkan pembelajaran, guru memberikan evaluasi dan menutup pembelajaran, kemudian diakhiri dengan doa bersama.(Tabel perencanaan seperti yang terlampir.)Pembahasan:Dalam merencanakan pemanfaatan media dibutuhkan beberapa langkah, yaitu terdiri atas penentuan kegiatan awal, inti, dan akhir. Adapun kegiatan inti terbagi menjadi beberapa jenis, yaitu eksplorasi, elaborasi, dan konfirmasi.Pelajari lebih lanjutPelajari lebih lanjut mengenai materi rancangan pembelajaran pada brainly.co.id/tugas/51509585#BelajarBersamaBrainly #SPJ1

Semoga dengan pertanyaan yang sudah terjawab oleh debyharfiani dapat membantu memudahkan mengerjakan soal, tugas dan PR sekolah kalian.

Apabila terdapat kesalahan dalam mengerjakan soal, silahkan koreksi jawaban dengan mengirimkan email ke yomemimo.com melalui halaman Contact

Last Update: Mon, 26 Sep 22