Berikut ini adalah pertanyaan dari wahrulbk pada mata pelajaran B. Indonesia untuk jenjang Sekolah Menengah Atas
Jawaban dan Penjelasan
Berikut ini adalah pilihan jawaban terbaik dari pertanyaan diatas.
Jawaban:
Tolong nih ya buat dijadiin jawaban tercerdass soalnya aga lama nyusunnya heheh thank youu
Penjelasan:
Kalimat Utama:
Par 1: "Dalam teks diskusi ini, kita akan mendiskusikan efek game online pada siswa dan mempertimbangkan aspek positif dan negatif dari fenomena ini."
Par 2: "Salah satu argumen yang mendukung game online adalah bahwa hal itu dapat memberi siswa sumber relaksasi, cara melepaskan diri dari tekanan kehidupan sehari-hari, dan sumber hubungan sosial."
Par 3: "Dengan bermain game bersama teman atau pemain lain, siswa dapat membangun dan memperkuat hubungan, terlibat dalam aktivitas berbasis tim, dan mengembangkan keterampilan mereka dalam strategi, pemecahan masalah, dan kerja sama tim."
Par 4: "Namun, ada juga aspek negatif dari game online yang perlu dipertimbangkan. Pertama, bermain video game untuk waktu yang lama dapat membuat ketagihan dan dapat mengganggu prestasi akademik siswa."
Par 5: "Selain itu, game online dapat menjadi sumber paparan konten yang tidak pantas, seperti kekerasan, materi seksual, dan cyberbullying. Hal ini dapat berdampak buruk pada kesehatan emosional dan mental siswa, serta karakter mereka secara keseluruhan."
Par 6: "Saat mempertimbangkan dampak game online pada siswa, penting untuk diingat bahwa efeknya dapat sangat bervariasi tergantung pada individu. Beberapa siswa mungkin dapat terlibat dalam game online dengan cara yang bertanggung jawab dan seimbang. Hal ini membuat game online tidak berdampak negatif pada kehidupan mereka."
Par 7: "Namun, yang lain mungkin menjadi kecanduan dan menemukan bahwa kebiasaan bermain game dapat menurunkan prestasi di sekolah, hubungan sosial, dan nilai karakter siswa secara keseluruhan."
Par 8: "Kesimpulannya, game online dapat memiliki efek positif dan negatif pada siswa. Meskipun dapat memberikan bentuk hiburan yang menyenangkan dan menarik, game online juga bak pisau bermata dua. Hal ini karena game online juga dapat membuat ketagihan dan memaparkan siswa pada konten yang tidak pantas."
Par 9: "Penting bagi orang tua, guru, dan siswa itu sendiri untuk berhati-hati terhadap potensi dampak game online dan mengambil langkah-langkah untuk memastikan bahwa itu digunakan dengan cara yang bertanggung jawab dan seimbang."
Kalimat Pro:
- Salah satu argumen yang mendukung game online adalah bahwa hal itu dapat memberi siswa sumber relaksasi, cara melepaskan diri dari tekanan kehidupan sehari-hari, dan sumber hubungan sosial.
- Dengan bermain game bersama teman atau pemain lain, siswa dapat membangun dan memperkuat hubungan, terlibat dalam aktivitas berbasis tim, dan mengembangkan keterampilan mereka dalam strategi, pemecahan masalah, dan kerja sama tim.
Kalimat kontra:
- Pertama, bermain video game untuk waktu yang lama dapat membuat ketagihan dan dapat mengganggu prestasi akademik siswa.
- Selain itu, game online dapat menjadi sumber paparan konten yang tidak pantas, seperti kekerasan, materi seksual, dan cyberbullying. Hal ini dapat berdampak buruk pada kesehatan emosional dan mental siswa, serta karakter mereka secara keseluruhan.
Kesimpulan:
- Kesimpulannya, game online dapat memiliki efek positif dan negatif pada siswa. Meskipun dapat memberikan bentuk hiburan yang menyenangkan dan menarik, game online juga bak pisau bermata dua. Hal ini karena game online juga dapat membuat ketagihan dan memaparkan siswa pada konten yang tidak pantas.
- Penting bagi orang tua, guru, dan siswa itu sendiri untuk berhati-hati terhadap potensi dampak game online dan mengambil langkah-langkah untuk memastikan bahwa itu digunakan dengan cara yang bertanggung jawab dan seimbang.
Alasan:
- Kalimat utama dalam setiap paragraf menggambarkan inti dari ide atau topik yang dibahas pada paragraf tersebut.
- Kalimat pro menyajikan argumen yang mendukung game online sebagai sumber relaksasi dan hubungan sosial bagi siswa.
- Kalimat kontra menyajikan dampak negatif dari game online, seperti ketagihan dan paparan pada konten tidak pantas.
- Kesimpulan memberikan gambaran keseluruhan dari argumen pro dan kontra dan menekankan pentingnya penggunaan game online secara bertanggung jawab dan seimbang.
Semoga dengan pertanyaan yang sudah terjawab oleh AdhityaFawwaz dapat membantu memudahkan mengerjakan soal, tugas dan PR sekolah kalian.
Apabila terdapat kesalahan dalam mengerjakan soal, silahkan koreksi jawaban dengan mengirimkan email ke yomemimo.com melalui halaman Contact
Last Update: Sat, 08 Jul 23