Berikut ini adalah pertanyaan dari rob74 pada mata pelajaran B. Indonesia untuk jenjang Sekolah Menengah Atas
1.URUTAN LANGKAH-LANGKAH LOGIS PENYELESAIAN MASALAH YANG DISUSUN SECARA SISTEMATIS DAN LOGIS DISEBUT...A. FLOWCHART
B. ALGORITMA
C. SISTEMATIS
D. PROGRAM
2. DIBAWAH INI ADALAH SIFAT DARI ALGORITMA, KECUALI ...
A. TIDAK MENGGUNAKAN SIMBOL DARI SUATU BAHASA PEMROGRAMAN
B. TIDAK TERGANTUNG PADA SUATU BAHASA PEMROGRAMAN
C. NOTASI-NOTASINYA DAPAT DIGUNAKAN UNTUK SELURUH BAHASA PEMROGRAMAN
D. EFEKTIF DAN EFISIEN
3. INSTRUKSI-INSTRUKSI DALAM ALGORITMA DIPROSES SECARA BERUNTUN LANGKAH DEMI LANGKAH DARI AWAL SAMPAI AKHIR DIMULAI DARI LANGKAH PERTAMA HINGGA LANGKAH TERAKHIR, MERUPAKAN SALAH SATU BAGIAN STRUKTUR DASAR ALGORITMA ....
A. SELECTION
B. REPETITION
C. SEQUENCE
D. ALGORITMA
4. PENGULANGAN PEMECAHAN MASALAH DALAM ALGORITMA MERUPAKAN STRUMTUR DASAR ALGORITMA....
A. SEQUENCE
B. SELECTION
C. REPETITION
D. FLOWCHART
5. SEBUAH ALAT GRAFIS YANG MENJELASKAN CARA PENYELESAIAN MASLAH PENANGANAN INFORMASI ADALAH PENGERTIAN DARI...
A. ALGORITMA
B. PROSES
C. FLOWCHART
D. BAHASA PEMROGRAMAN
6. BAGAN YANG MEMPERLIHATKAN URUTAN PRSODEDUR DAN PROSES DARI BEBERAPA FILE DI DALAM MEDIA TERTENTU DISEBUT....
A. PROGRAM FLOWCHART
B. SYSTEM FLOWCHART
C. MANFAAT FLOWCHART
D. PENGERIAN FLOWCHART
7. URUTAN INSTRUKSI YANG DIGAMBARKAN DENGAN SYMBOL TERTENTU UNTUK MEMCAHKAN MASALAH DALAM SUATU PROGRAM ADALAH...
A. SYSTEM FLOWCHART
B. PROGRAM FLOWCHART
C. MANFAAT FLOWCHART
D. KERUGIAN FLOWCHART
8. SIMBOL FLOWCHART DI BAWAH INI YANG MENYATAKAN SAMBUNGAN DAI PROSES KE PROSES LAINNYA DALAM HALAMAN YANG BERBEDA ADALAH ....

A.

B.

c.

d.
9. SIMBOL FLOWCHART YANG MENYATAKAN SUATU TINDAKAN YANG DILAKUKAN OLEH KOMPUTER ADALAH ....

A.

B.

C.

D.
10. BAHASA YANG DIGUNAKAN UNTUK MEMBUAT PROGRAM DISEBUT...
A. SCRATH
B. ALGORITMA
C. PEMROGRAMAN
D. KOMPUTER
11. TUJUAN PEMBUATAN PROGRAM PROGRAM SYSTEM INFORMASI BERFUNGSI UNTUK...
A. MEMBANTU MANUSIA DALAM MENGELOLA DATA UNTUK MENJADI INFORMASI
B. MEMBANTU MANUSIA DALAM MENGGUNAKAN KOMPUTER
C. MEMBANTU MANUSIA AGAR BISA MENGGUNAKAN WEB
D. MEMBANTU MANUSIA AGAR BISA BERKOMUNIKASI
12. BELAJAR BAHASA PEMROGRAMAN ADALAH ...
A. BELAJAR LOGIKA MEMBUAT PROGRAM
B. MEMPELAJARI CARA MENULIS PROGRAM
C. MEMPELAJARI CARA MENYUSUN LANGKAH-LANGKAH PERINTAH DALAM PROGRAM
D. BELAJAR ALGORITMA PEMROGRAMAN
13. ALGORITMA ADALAH ILMU YANG DIGUNAKAN UNTUK MEMPELAJARI....
A. TATA CARA MENULIS BAHASA PEMROGRAMAN
B. TATA CARA MENTERJEMAHKAN BAHASA MANUSIA KE BAHASA KOMPUTER
C. TATA ACRA MENYUSUN LANGKAH-LANGKAH PROSES BAHASA PEMROGRAMAN UNTUK MENYELESIAKAN SUATU MASALAH
TATA CARA MENYUSUN BAHASA PEMROGRAMAN SEHINGGA BISA DI BACA OLEH KOMPUTER
14. DALAM MENULIS ALGORITMA DAPAT MENGGUNAKAN TIGA CARA , YAITU...
A. MENGGUNAKAN KALIMAT BERANTAI, PSODUCODE DAN FLOWCHART
B. MENGGUNAKAN KALIMAT DESKRIPTIF, PSODUCODE, DAN FLOWCHART
C. MENGGUNAKAN KALIMAT BERANTAI , PSODUCODEW DAN DIAGRAM ALUR
D. MENGGUANKAN KALIMAT BERANTAI, PSODUCODE
15. PROSES YANG DILAKUKAN SECARA URUT DARI PERINTAH YANG PALING ATAS SAMPAI YANG PALING BAWAH DALAM ALGORITMA DISEBUT...
A. PENGULANGAN
B. PEMILIHAN
C. RUNTUTAN
D. DECISION
16, BENDA BERGERAK DARI TITIK A KE TITIK B MENGGUNAKAN RODA YANG BERPUTAR. PERGERAKAN RODA YANG BERPUTAR TERSEBUT DALAM ALGORITMA TERMASUK...
A. PENGULANGAN
B. PEMILIHAN
C. RUNTUTAN
D. DECISION
17. GOOGLE MEET, SKYPE, ZOOM, GOOGLE HANGOUTS ADALAH MACAM APLIKASI YANG DIGUNAKAN UNTUK ....
A. APLIKASI PENGIRIMAN PESAN
B. APLIKASI PERANGKAT LUNAK DOKUMENTASI
C. APLIKASI RAPAT ONLINE
D. APLIKASI PEMBELAJARAN ONLINE
18. LINE, WHATSAPP, TELEGRAM,SLACK ADALAH MACAM APLIKASI YANG DIGUNAKAN UNTUK...
A. RAPAT ONLINE
B. BELANJA ONLINE
C. PENGIRIMAN PESAN
D. DOKUMENTASI
19. GOOGLE DRIVE, DROPBOX, ONEDRIVE, HIGH TAIL, MEDIAFIRE, ADALAH APLIKASI YANG DIGUNAKAN UNTUK....
A. BELANJA ONLINE
B. DOKUMETASI
C. RAPAT ONLINE
D. BERBAGI FILE
20. GOOGLE DOCS, OFFICE ONLINE, ZOHO ADALAH APLIKASI YANG DIGUANAKAN UNTUK...
A. RAPAT ONLINE
B. BERBAGI FILE
C. DOKUMANTASI
D. PENGIRIMAN PESAN
B. ALGORITMA
C. SISTEMATIS
D. PROGRAM
2. DIBAWAH INI ADALAH SIFAT DARI ALGORITMA, KECUALI ...
A. TIDAK MENGGUNAKAN SIMBOL DARI SUATU BAHASA PEMROGRAMAN
B. TIDAK TERGANTUNG PADA SUATU BAHASA PEMROGRAMAN
C. NOTASI-NOTASINYA DAPAT DIGUNAKAN UNTUK SELURUH BAHASA PEMROGRAMAN
D. EFEKTIF DAN EFISIEN
3. INSTRUKSI-INSTRUKSI DALAM ALGORITMA DIPROSES SECARA BERUNTUN LANGKAH DEMI LANGKAH DARI AWAL SAMPAI AKHIR DIMULAI DARI LANGKAH PERTAMA HINGGA LANGKAH TERAKHIR, MERUPAKAN SALAH SATU BAGIAN STRUKTUR DASAR ALGORITMA ....
A. SELECTION
B. REPETITION
C. SEQUENCE
D. ALGORITMA
4. PENGULANGAN PEMECAHAN MASALAH DALAM ALGORITMA MERUPAKAN STRUMTUR DASAR ALGORITMA....
A. SEQUENCE
B. SELECTION
C. REPETITION
D. FLOWCHART
5. SEBUAH ALAT GRAFIS YANG MENJELASKAN CARA PENYELESAIAN MASLAH PENANGANAN INFORMASI ADALAH PENGERTIAN DARI...
A. ALGORITMA
B. PROSES
C. FLOWCHART
D. BAHASA PEMROGRAMAN
6. BAGAN YANG MEMPERLIHATKAN URUTAN PRSODEDUR DAN PROSES DARI BEBERAPA FILE DI DALAM MEDIA TERTENTU DISEBUT....
A. PROGRAM FLOWCHART
B. SYSTEM FLOWCHART
C. MANFAAT FLOWCHART
D. PENGERIAN FLOWCHART
7. URUTAN INSTRUKSI YANG DIGAMBARKAN DENGAN SYMBOL TERTENTU UNTUK MEMCAHKAN MASALAH DALAM SUATU PROGRAM ADALAH...
A. SYSTEM FLOWCHART
B. PROGRAM FLOWCHART
C. MANFAAT FLOWCHART
D. KERUGIAN FLOWCHART
8. SIMBOL FLOWCHART DI BAWAH INI YANG MENYATAKAN SAMBUNGAN DAI PROSES KE PROSES LAINNYA DALAM HALAMAN YANG BERBEDA ADALAH ....

A.

B.

c.

d.
9. SIMBOL FLOWCHART YANG MENYATAKAN SUATU TINDAKAN YANG DILAKUKAN OLEH KOMPUTER ADALAH ....

A.

B.

C.

D.
10. BAHASA YANG DIGUNAKAN UNTUK MEMBUAT PROGRAM DISEBUT...
A. SCRATH
B. ALGORITMA
C. PEMROGRAMAN
D. KOMPUTER
11. TUJUAN PEMBUATAN PROGRAM PROGRAM SYSTEM INFORMASI BERFUNGSI UNTUK...
A. MEMBANTU MANUSIA DALAM MENGELOLA DATA UNTUK MENJADI INFORMASI
B. MEMBANTU MANUSIA DALAM MENGGUNAKAN KOMPUTER
C. MEMBANTU MANUSIA AGAR BISA MENGGUNAKAN WEB
D. MEMBANTU MANUSIA AGAR BISA BERKOMUNIKASI
12. BELAJAR BAHASA PEMROGRAMAN ADALAH ...
A. BELAJAR LOGIKA MEMBUAT PROGRAM
B. MEMPELAJARI CARA MENULIS PROGRAM
C. MEMPELAJARI CARA MENYUSUN LANGKAH-LANGKAH PERINTAH DALAM PROGRAM
D. BELAJAR ALGORITMA PEMROGRAMAN
13. ALGORITMA ADALAH ILMU YANG DIGUNAKAN UNTUK MEMPELAJARI....
A. TATA CARA MENULIS BAHASA PEMROGRAMAN
B. TATA CARA MENTERJEMAHKAN BAHASA MANUSIA KE BAHASA KOMPUTER
C. TATA ACRA MENYUSUN LANGKAH-LANGKAH PROSES BAHASA PEMROGRAMAN UNTUK MENYELESIAKAN SUATU MASALAH
TATA CARA MENYUSUN BAHASA PEMROGRAMAN SEHINGGA BISA DI BACA OLEH KOMPUTER
14. DALAM MENULIS ALGORITMA DAPAT MENGGUNAKAN TIGA CARA , YAITU...
A. MENGGUNAKAN KALIMAT BERANTAI, PSODUCODE DAN FLOWCHART
B. MENGGUNAKAN KALIMAT DESKRIPTIF, PSODUCODE, DAN FLOWCHART
C. MENGGUNAKAN KALIMAT BERANTAI , PSODUCODEW DAN DIAGRAM ALUR
D. MENGGUANKAN KALIMAT BERANTAI, PSODUCODE
15. PROSES YANG DILAKUKAN SECARA URUT DARI PERINTAH YANG PALING ATAS SAMPAI YANG PALING BAWAH DALAM ALGORITMA DISEBUT...
A. PENGULANGAN
B. PEMILIHAN
C. RUNTUTAN
D. DECISION
16, BENDA BERGERAK DARI TITIK A KE TITIK B MENGGUNAKAN RODA YANG BERPUTAR. PERGERAKAN RODA YANG BERPUTAR TERSEBUT DALAM ALGORITMA TERMASUK...
A. PENGULANGAN
B. PEMILIHAN
C. RUNTUTAN
D. DECISION
17. GOOGLE MEET, SKYPE, ZOOM, GOOGLE HANGOUTS ADALAH MACAM APLIKASI YANG DIGUNAKAN UNTUK ....
A. APLIKASI PENGIRIMAN PESAN
B. APLIKASI PERANGKAT LUNAK DOKUMENTASI
C. APLIKASI RAPAT ONLINE
D. APLIKASI PEMBELAJARAN ONLINE
18. LINE, WHATSAPP, TELEGRAM,SLACK ADALAH MACAM APLIKASI YANG DIGUNAKAN UNTUK...
A. RAPAT ONLINE
B. BELANJA ONLINE
C. PENGIRIMAN PESAN
D. DOKUMENTASI
19. GOOGLE DRIVE, DROPBOX, ONEDRIVE, HIGH TAIL, MEDIAFIRE, ADALAH APLIKASI YANG DIGUNAKAN UNTUK....
A. BELANJA ONLINE
B. DOKUMETASI
C. RAPAT ONLINE
D. BERBAGI FILE
20. GOOGLE DOCS, OFFICE ONLINE, ZOHO ADALAH APLIKASI YANG DIGUANAKAN UNTUK...
A. RAPAT ONLINE
B. BERBAGI FILE
C. DOKUMANTASI
D. PENGIRIMAN PESAN
Jawaban dan Penjelasan
Berikut ini adalah pilihan jawaban terbaik dari pertanyaan diatas.
- Algoritma (B)
- Tidak menggunakan simbol dari suatu bahasa pemograman (A)
- Sequence (C)
- Repetition (C)
- Flowchart (C)
- System flowchart (B)
- Program flowchart (B)
- Gambar tidak jelas
- Gambar tidak jelas
- Pemograman (C)
- Membantu manusia dalam mengelola data untuk menjadi informasi (A)
- Belajar algoritma pemograman (D)
- Tata cara menyusun langkah-langkah proses bahasa pemograman untuk menyelesaikan suatu masalah (C)
- Menggunakan kalimat deskriptif, psoducode, dan flowchart (B)
- Runtutan (C)
- Tidak ada jawaban (Jawaban yang benar : Pergerakan)
- Aplikasi rapat online (C)
- Pengiriman pesan (C)
- Berbagi file (D)
- Dokumentasi (C)
Penjelasan:
- Algoritma merupakan suatu intruksi yang disusun dengan teratur untuk diimplementasikan dalam program komputer dengan tujuan untuk memecahkan suatu permasalahan yang sedang terjadi. Tujuan utama algoritma memang untuk memecahkan masalah, namun disisi lain algoritma juga berfungsi untuk membantu manusia dalam mengkonversikan suatu permasalahan ke dalam bahasa pemograman. Ada beberapa sifat algoritma, diantaranya yaitu tidak bergantung pada bahasa pemograman, notasi-notasinya dapat digunakan untuk seluruh bahasa pemograman, efektif, dan efisien.
- Flowchart merupakan sebuah alat grafis yang menjelaskan tentang tata cara dalam menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan penanganan informasi. Dalam flowchart terdisi dari berbagai macam simbol yang memiliki makna masing-masing. Tujuan dari dibuatnya simbol tersebut yaitu untuk memudahkan dalam penulisan dan memudahkan pembaca.
Pelajari Lebih Lanjut
- Materi pengertian algoritma : yomemimo.com/tugas/4328706
- Materi pengertian flowchart : yomemimo.com/tugas/26701507
- Materi simbol flowchart beserta fungsinya : yomemimo.com/tugas/11925838
Detail Jawaban
Kelas : X
Mapel : TIK
Bab : Mengenal pemograman komputer
Kode : 10.11.6
#AyoBelajar
#SPJ2
Semoga dengan pertanyaan yang sudah terjawab oleh arinichoir dapat membantu memudahkan mengerjakan soal, tugas dan PR sekolah kalian.
Apabila terdapat kesalahan dalam mengerjakan soal, silahkan koreksi jawaban dengan mengirimkan email ke yomemimo.com melalui halaman Contact
Last Update: Fri, 18 Jun 21