Contoh teks diskusi tentang game online dan dampaknya bagi remaja

Berikut ini adalah pertanyaan dari Idu811529 pada mata pelajaran B. Indonesia untuk jenjang Sekolah Menengah Atas

Contoh teks diskusi tentang game online dan dampaknya bagi remaja

Jawaban dan Penjelasan

Berikut ini adalah pilihan jawaban terbaik dari pertanyaan diatas.

Jawaban:

Dalam era globalisasi ini, game online semakin marak di kalangan masyarakat. Peminatnya berasal dari berbagai kalangan. Mulai dari anak-anak, remaja, dan bahkan hinga dewasa, terutama pelajar.Kini, game online semakin mudah ditemukan dan banyak macamnya. Sehingga, banyak masyarakat yang menggemarinya. Apalagi, kini banyak warnet yang menyediakan game online dengan harga yang cukup murah. Membuat peminat game online terus meningkat hingga sekarang.

Argumen mendukung :

               Sebagian besar masyarakat menganggap bahwa game online akan memberikan damapak negatif bagi para pemainnya. Namun, ada juga yang menganggap bahwa bermain game online akan berdampak positif. Berikut ini adalah beberapa dampak positif game online bagi pelajar.

    game online merupakan suatu aktivitas untuk refreshing. Anak yang baru pulang dari sekolah dapat menghilangkan rasa jenuh setelah berjam-jam memikirkan pelajaran, dengan bermain game online. Mereka bisa melepaskan kelelahan sambil bermain game online, yang digemarinya.

bermain game online dapat meningkatakan kreativitas sang anak.  Mereke akan berimajinasi tentang hal-hall baru yang mereka temui ketika bermain game. Anak bisa mendapatkan ide menarik dari game untuk menyelesaikan tigas dari gurunya di sekoalah. Sehingga, mereka bisa menciptakan sesuatu yang menakjubkan dari ide kreativitasnya setelah bermain game online.

Argumen menentang :

               Tentu dibalik semua dampak positif yang kita dapatkan, pasti juga ada dampak negatifnya, terutama bagi kalangan pelajar. Karena, kebanyakan peminat game online berasal dari kalangan pelajar. Berikut ini adalah beberapa dampak negatif game online.

Pertama, bermain game online dapat menyebabakan kecanduan. Jika mereka sudah terlanjur ketagihan, maka akan terus berusaha agar bisa mendapatkan slor tebanyak dan mencapai level tertinggi. Sehingga, mereka tidak akan emninggalakn game tersebut. Jika ditinggalkan mereka akan terus memikirkan game itu, enatah sampai kapan.

               kedua, masih berhubungan dengan  peristiwa kecanduan di atas. Yaitu, lupa waktu untuk melakukan aktivitas penting yang harus dilakukannya. Seperti belajar,makan, mandi, beribadah, dan berbagai aktivitas lainnya.

Kesimpulan :

Dari beberapa pernyataan di atas dapat disimpulkan bahwa game online memiliki dampak positiif dan negatif. Hal itu tergantung pada pemainnya. Oleh karena itu, orang tua disarankan utuk melakukan hal yang dapat mencegah dampak negatif dari internet. Seperti, bekerjasama dengan guru untuk turut mementau perkembangan anaknya ketika di sekolah.

Semoga dengan pertanyaan yang sudah terjawab oleh rizkyaditiya2009 dapat membantu memudahkan mengerjakan soal, tugas dan PR sekolah kalian.

Apabila terdapat kesalahan dalam mengerjakan soal, silahkan koreksi jawaban dengan mengirimkan email ke yomemimo.com melalui halaman Contact

Last Update: Mon, 14 Jun 21