KuisPengetahuan 1. Berikut yang bukan bahasa pemograman adalah? A. C++

Berikut ini adalah pertanyaan dari kelvinho018527 pada mata pelajaran TI untuk jenjang Sekolah Menengah Pertama

KuisPengetahuan
1. Berikut yang bukan bahasa pemograman adalah?
A. C++
B. Python
C. Adobe
D. C
E. JavaScript
2. Jelaskanlah sedikit tentang operator-operator pada satu bahasa pemograman.
Keterampilan
3. Buatlah sebuah program untuk mencari akar-akar persamaan kuadrat, jika diketahui a, b, c. Bahasa pemogramannya bebas.

Jawaban dan Penjelasan

Berikut ini adalah pilihan jawaban terbaik dari pertanyaan diatas.

1. Berikut yang bukan bahasa pemograman adalah?

Adobe

2. Jelaskanlah sedikit tentang operator-operator pada satu bahasa pemograman.

Di dalam dunia coding, C memiliki 6 operator, yaitu:

- Operator Artimatika;

- Operator Penugasan;

- Operator Pembanding;

- Operator Logika;

- Operator Bitwise;

- dan Operator Lain-lain.

3. Buatlah sebuah program untuk mencari akar-akar persamaan kuadrat, jika diketahui a, b, c!

Kita gunakan pemrograman pascal:

Program Mencarix12;

uses crt;

var a,b,c,D,x1,x2 : real;

begin

   clrscr;

   write('Input nilai a = ');readln(a);

   write('Input nilai b = ');readln(b);

   write('Input nilai c = ');readln(c);

   D := b*b - 4*a*c;

   if a>0 then

     Begin

       if(D<0 br="" then="">          begin

               write;

               writeln(' x1 dan x2 bukan bilangan real');

          end

       else

          begin

               x1:=(-b+(sqrt(D)))/(2*a);

               x2:=(-b-(sqrt(D)))/(2*a);

               writeln('X1 = ',x1:6:2);

               writeln('X2 = ',x2:6:2);

          end;

     End

   else

      writeln('Nilai a lebih kecil atau sama dengan 0');

      readkey;

end.

Pemrograman

Pemrograman merupakan suatu aktivitas coding yang menggunakan berbagai bahasa pemrograman. Bahasa pemrograman sendiri adalah instruksi standar untuk memerintah jalannya operation system, website, maupun application. Pemrograman terbagi menjadi beberapa developer, seperti:

Web Developer

Sesuai dengan namanya, web developer merupakan pemrograman untuk membangun sebuah website. Di dalam web developer terbagi lagi menjadi: front-end developer "Client side", back-end developer "Server side", dan full-stack developer "Client and server side".

Game Developer

Game developer merupakan pemrograman guna membangun sebuah permainan video game, di dalam game developer terdapat bahasa pemrograman seperti java, kotlin, flutter, maupun swift "IOS". Bahasa perograman ini juga dapat digunakan untuk pembangunan aplikasi lain sesuai kehendak pengguna.

Software Developer

Software developer merupakan pemrograman guna pembamgunan software. Bahasa yang biasa digunakan ialah: java, ruby, python, maupun c++

Pembahasan

1. Berikut yang bukan bahasa pemograman adalah?

A. C++

B. Python

C. Adobe

D. C

Bahasa pemrograman ialah instruksi standar untuk memerintah jalannya operation system, jadi menurut soal tersebut Adobe bukanlah suatu bahasa pemrograman melainkan sebuah aplikasi yang telah dirancang oleh bahasa pemrograman

2. Jelaskanlah sedikit tentang operator-operator pada satu bahasa pemograman.

Operator-operator yang ada pada bahasa pemrograman itu berbeda-beda sehingga jika dijelaskan satu per satu akan sangat panjang. Sehingga kita gunakan program/bahasa pemrograman C. Di dalam dunia coding, C memiliki 6 operator, yaitu:

  • Operator Artimatika;
  • Operator Penugasan;
  • Operator Pembanding;
  • Operator Logika;
  • Operator Bitwise;
  • dan Operator Lain-lain.

3. Buatlah sebuah program untuk mencari akar-akar persamaan kuadrat, jika diketahui a, b, c. Bahasa pemogramannya bebas.

Karena pada soal diterangkan bahasa pemrograman yang digunakan bebas, maka kita ambil pemrograman pascal:

Program Mencarix12;

uses crt;

var a,b,c,D,x1,x2 : real;

begin

   clrscr;

   write('Input nilai a = ');readln(a);

   write('Input nilai b = ');readln(b);

   write('Input nilai c = ');readln(c);

   D := b*b - 4*a*c;

   if a>0 then

     Begin

       if(D<0 br="" then="">          begin

               write;

               writeln(' x1 dan x2 bukan bilangan real');

          end

       else

          begin

               x1:=(-b+(sqrt(D)))/(2*a);

               x2:=(-b-(sqrt(D)))/(2*a);

               writeln('X1 = ',x1:6:2);

               writeln('X2 = ',x2:6:2);

          end;

     End

   else

      writeln('Nilai a lebih kecil atau sama dengan 0');

      readkey;

end.

Pelajari Lebih Lanjut:

_______________________________________________

Detail Jawaban

Kelas: 10

Mapel: TIK

Bab: Bab 6 - Mengenal Pemrograman Komputer

Kode: 10.11.6

Semoga dengan pertanyaan yang sudah terjawab oleh heexraa dapat membantu memudahkan mengerjakan soal, tugas dan PR sekolah kalian.

Apabila terdapat kesalahan dalam mengerjakan soal, silahkan koreksi jawaban dengan mengirimkan email ke yomemimo.com melalui halaman Contact

Last Update: Fri, 12 Aug 22