Sebuah benda bergerak lurus pada arah sumbu-x, dengan persamaan posisi

Berikut ini adalah pertanyaan dari usmanhidayat045 pada mata pelajaran TI untuk jenjang Sekolah Menengah Atas

Sebuah benda bergerak lurus pada arah sumbu-x, dengan persamaan posisi sebagai berikut:()=5^3−2^2+1
x dalam meter.
Tentukan:
Kecepatan rata-rata antara t = 3 s dan t = 4 s.
Kecepatan sesaat pada t = 3 s dan t = 4 s.
Percepatan rata-rata antara t = 3 s dan t = 4 s.
Percepatan sesaat pada t = 3 s dan t= 4 s.
Buatlah GUI beserta keterangan tagnya untuk persoalan point a sampai d!
Tulis sintak program tombol HITUNG, RESET, dan KELUAR!

Jawaban dan Penjelasan

Berikut ini adalah pilihan jawaban terbaik dari pertanyaan diatas.

Jawaban:

ntuk menentukan kecepatan rata-rata antara t = 3 s dan t = 4 s, perlu menentukan posisi benda pada t = 3 s dan t = 4 s terlebih dahulu. Kemudian menggunakan rumus v = Δx/Δt, dengan Δx adalah perubahan posisi dan Δt adalah perubahan waktu.

x(t) = 5^3 - 2^2 + 1

x(3) = 125 - 4 + 1 = 122 m

x(4) = 5^3 - 2^4 + 1 = 40 m

Δx = x(4) - x(3) = 40 - 122 = -82 m

Δt = 4 - 3 = 1 s

v_rata2 = Δx/Δt = -82/1 = -82 m/s

Untuk kecepatan sesaat pada t = 3 s dan t = 4 s, kita perlu menentukan turunan posisi benda terlebih dahulu, yaitu menggunakan rumus v = dx/dt.

x(t) = 5^3 - 2^2 + 1

v(t) = d(5^3 - 2^2 + 1)/dt

v(3) = 155^2 = 375 m/s

v(4) = 155^2 = 375 m/s

Untuk menentukan percepatan rata-rata antara t = 3 s dan t = 4 s, perlu menentukan kecepatan benda pada t = 3 s dan t = 4 s terlebih dahulu. Kemudian menggunakan rumus a = Δv/Δt, dengan Δv adalah perubahan kecepatan dan Δt adalah perubahan waktu.

v(t) = 15*5^2

v(3) = 375 m/s

v(4) = 375 m/s

Δv = v(4) - v(3) = 375 - 375 = 0 m/s

Δt = 4 - 3 = 1 s

a_rata2 = Δv/Δt = 0/1 = 0 m/s^2

Untuk percepatan sesaat pada t = 3 s dan t = 4 s, kita perlu menentukan turunan kecepatan benda, yaitu menggunakan rumus a = dv/dt. Dalam hal ini, percepatan benda konstan sehingga percepatan sesaat pada t = 3 s dan t = 4 s sama, yaitu a = dv/dt = 0 m/s^2.

GUI dan sintak program untuk persoalan point a sampai d dapat dibuat menggunakan bahasa pemrograman seperti MATLAB atau Python. Contohnya dengan menggunakan MATLAB:

% GUI untuk memproses data posisi, kecepatan, dan percepatan

function varargout = soal(varargin)

% SOAL MATLAB code for soal.fig

% SOAL, by itself, creates a new SOAL or raises the existing

%

Semoga dengan pertanyaan yang sudah terjawab oleh farisadyarahman6 dapat membantu memudahkan mengerjakan soal, tugas dan PR sekolah kalian.

Apabila terdapat kesalahan dalam mengerjakan soal, silahkan koreksi jawaban dengan mengirimkan email ke yomemimo.com melalui halaman Contact

Last Update: Fri, 21 Apr 23