Berikut ini adalah pertanyaan dari nikkenrhamadhanty183 pada mata pelajaran B. Arab untuk jenjang Sekolah Menengah Atas
3. Sebutkan lima pokok ajaran Maturidyah!
4. Bagaimana kedudukan amar makruf dan nahi mungkar dalam ideologi Mu'tazilah?
5.Wahyu memiliki wewenang mutlak dalam menentukan baik dn buruk seorang hamba di hadapan allah swt. Dan tidak ada kaitannya dengan akal. hikmah apa yang kita dapatkan dari pernyataan tersebut?
Jawaban dan Penjelasan
Berikut ini adalah pilihan jawaban terbaik dari pertanyaan diatas.
Jawaban:
No .
1. Qadariyah (bahasa Arab: قدرية) adalah sebuah ideologi dan sekte bid'ah di dalam akidah Islam yang muncul pada pertengahan abad pertama Hijriah di Basrah, Irak. Kelompok ini memiliki keyakinan mengingkari takdir, yaitu bahwasanya perbuatan makhluk berada di luar kehendak Allah dan juga bukan ciptaan Allah.
2. Mu'tazilah berpendapat bahwa kehendak Tuhan tidak mutlak, dan keadilan bagi mereka adalah memberi seseorang akan haknya. Sementara Asy'ariyah berpendapat bahwa Tuhan mempunyai kehendak mutlak semutlak - mutlaknya dan bagi mereka keadilan adalah menempatkan sesuatu pada proporsinya.
3. kewajiban mengetahui tuhan. Akal semata-mata sanggup mengetahui tuhan. Namun itu tidak sanggup dengan sendirinya hukum-hukum takliti (perintah-perintah Allah Swt).
1. mengenai sifat-sifat Allah Swt.
Mengenai sifat-sifat Allah Swt, aliran Asy’ariyah mengatakan sifat-sifat Allah Swt. itu merupakan sesuatu yang berada di luar Dzat. Mereka juga menetapkan adanya qudrah, iradah,’ ilm, bayah, sama’, basher dan kalam pada Dzat Allah Swt. Kata mereka, semua itu merupakan sesuatu di luar Dzat-Nya. Mu’tazilah mengatakan bahwa tidak ada sesuatu di luar Dzat-Nya. Adapun yang disebutkan dalam Al-Qur’an, seperti:’Alim(Maha mengetahui), Khabir(Maha mengenal), Hakim(Maha bijaksana), Bashir(Maha melihat), merupakan nama-nama bagi Dzat Allah Swt.Kemudian al-Maturidi menetapkan sifat-sifat itu bagi Allah Swt., tetapi ia mengatakan bahwa sifat-sifat itu bukanlah sesuatu di luar Dzat-Nya, bukan pula sifat-sifat yang berdiri pada Dzat-Nya dan tidak pula terpisah dari Dzat-Nya. Sebagaimana ayat Al quran ini yang Artinya:
وَسَخَّرَ لَكُم مَّا فِي السَّمَاوَاتِ وَمَا فِي الْأَرْضِ جَمِيعاً مِّنْهُ إِنَّ فِي ذَلِكَ لَآيَاتٍ لَّقَوْمٍ يَتَفَكَّرُونَ) الجاثية: ١٣(
Artinya: Dan Dia telah menundukkan untukmu apa yang di langit dan apa yang di bumi semuanya, (sebagai rahmat) daripada-Nya. Sesungguhnya pada yang demikian itu benar-benar terdapat tanda-tanda (kekuasaan Allah) bagi kaum yang berfikir. (QS. Al-Jaatsiyah: 13).
2. kebaikan dan kerburukan dapat diketahui dengan akal
3. hikmah dan tujuan perbuatan tuhan.
perbuatan tuhan mengandung kebijaksanaan (hikmah). Baik dalam cipta-ciptaannya maupun perintah dan larang-larangannya, perbuatan manusia bukanlah merupakan paksaan dari Allah, karena itu tidak bisa dikatakan wajib, karena kewajiban itu mengandung suatu perlawanan dengan iradahnya.
4. sebagaimana yang kita ketahui bahwa mu'tazilah adalah aliran teologi abad ke 8 M/H.mutazilah bisa dikemukakan kasusus perbedaan pendirian dan sikap tdua aliran teologi tentang iman dan dosa.
Setidaknya Mu’tazilah merumuskan lima ajaran dasar: (1) tauhid (keesaan Tuhan); (2) percaya kepada keadilan Tuhan, bahwa sifat Allah yang paling hakiki adalah keadilan; (3) menempatkan diri di antara dua posisi,yang dapat ditafsirkan sebagai pengambilan sikap moderat; (4) janji baik dan ancaman Tuhan (bashirá wa nazhiran) dan (5) amar makruf nahi munkar.
5. Takdir Allah adalah sifat yg mutlak tidak ada yg bisa menggubahnya dan jika Allah menghendaki terjadi pasti akan terjadi dan tidak ada kata tidak mungkin bagi allah.
Penjelasan:
Maaf ya kalo salah semoga bermanfaat
Semoga dengan pertanyaan yang sudah terjawab oleh cherylkinarian dapat membantu memudahkan mengerjakan soal, tugas dan PR sekolah kalian.
Apabila terdapat kesalahan dalam mengerjakan soal, silahkan koreksi jawaban dengan mengirimkan email ke yomemimo.com melalui halaman Contact
Last Update: Fri, 14 Jan 22