Mengapa muncul triple alliance dan triple entente

Berikut ini adalah pertanyaan dari rinaa18 pada mata pelajaran Sejarah untuk jenjang Sekolah Menengah Atas

Mengapa muncul triple alliance dan triple entente

Jawaban dan Penjelasan

Berikut ini adalah pilihan jawaban terbaik dari pertanyaan diatas.

Kelas: XII

Mata pelajaran: Sejarah

Materi:  Perang Dunia I

Kata kunci:  TripleAlliance dan Triple Entente


Jawaban pendek:

 

Triple Alliance dan Triple Entente terbentuk akibat persaingannegara-negara besar di Eropa pada akhir abad ke-19 dan awal abad ke-20.

 

Triple Alliance dibentuk oleh Jerman, Austria-Hungaria danItalia untuk menghadapi ancaman balas dendam Perancis dan mengatasi perluasankekuasaan Russia di semenanjung Balkan.

 

Triple Entente dibentuk oleh Inggris, Perancis dan Russia untukmenghadapi ancaman Jerman dan Austria-Hungaria, baik di koloni-koloni jermanmaupun di semenanjung Balkan.

 

Jawaban panjang:

 

Triple Alliance

 

Triple Alliance adalah persekutuan yang terbentuk di akhir abadke-19 antara Jerman, Italia dan Austria-Hungaria.

 

Negara Jerman terbentuk setelah Unifikasi atau Penyatuan Jermanpada tahun 1871, dari sebelumnya berbagai negara-negara kecil. Upaya initerlaksana atas kemenangan Prussia, negara Jerman terbesar, yang dipimpin olehkanselir Otto von Bismarck, yang mengalahkan Perancis dalam perangPerancis-Prussia.

 

Untuk menjaga kedaulatan Jerman yang saat itu baru terbentuk, terutamadari revanchisme (upaya balas dendam) Perancis, maka kanselir Otto von Bismarckmenyusun aliansi antara Jerman dengan Austria-Hungaria pada tahun 1879.Austria-Hungaria sendiri ingin bersekutu dengan Jerman karena terancam olehperluasan kekuasaan kekaisaran Russia di semenanjung Balkan.

 

Pada saat yang sama, Italia juga baru saja menyelesaikanUnifikasi atau penyatuan Italia oleh kerajaan Sardinia, setelah sebelumnyasemenanjung Italia juga terbagi menjadi berbagai negara-negara kecil. Untukmenjaga kedaulatannya, dan untuk membantu Italia membangun koloni, maka Italia membentukaliansi dengan Austria-Hungaria dan Jerman. Faktor pendorong lainnya adalahItalia juga terancam oleh Perancis, sama seperti Jerman, terutama setelahPerancis menduduki Tunisia yang terletak di dekat wilayah Italia di pulauSisilia.

 

Triple Entente

 

Triple Entente adalah persekutuan yang terbentuk di awal abadke-20 antara Inggris, Perancis dan Russia.

 

Sebelum akhir abad ke-19, Inggris dan Prussia adalah sekutu,karena sama-sama sering berperangmelawan Perancis. Namun, setelah Jermanbersatu, Inggris merasa terancam oleh kekuatan baru Jerman, terutama setelahJerman mulai membangun armada laut dan menguasai koloni di berbagai penjurudunia.

 

Melihat ancaman ini, Inggris akhirnya membentuk aliansi denganPerancis, yang ingin membalas dendam atas kekalannya pada tahun 1871, danmerebut kembali wilayah Alsace-Lorraince yang diduduki Jerman. Persekutuankedua negara ini disebut dengan “Entente Cordiale”, dan ditandatangani padatahun 1904.

 

Persekutuan ini kemudian diikuti juga oleh Russia, yang terancamoleh Jerman dan Austria-Hungaria di Eropa Tengah dan semenanjung Balkan.Persekutuan inipun kemudian berubah namanya menjadi “Tiple Entente”.

 

 

 

 

 

 

 

 

Semoga dengan pertanyaan yang sudah terjawab oleh diahviolin dapat membantu memudahkan mengerjakan soal, tugas dan PR sekolah kalian.

Apabila terdapat kesalahan dalam mengerjakan soal, silahkan koreksi jawaban dengan mengirimkan email ke yomemimo.com melalui halaman Contact

Last Update: Mon, 05 Feb 18