apa yang dimaksud dengan peristiwa rengas dengklok?

Berikut ini adalah pertanyaan dari ibnuhabibulah pada mata pelajaran PPKn untuk jenjang Sekolah Menengah Pertama

Apa yang dimaksud dengan peristiwa rengas dengklok?

Jawaban dan Penjelasan

Berikut ini adalah pilihan jawaban terbaik dari pertanyaan diatas.

Peristiwa Rengasdengklok  adalah penculikan Soekarno dan Mohammad Hatta oleh golongan muda pada 16 Agustus 1945, untukmendesak mereka segera mengumumkan Proklamasi Kemerdekaan Indonesia, setelah menyerahnya Jepang ke Sekutu.

Pembahasan:

Selepas diterimanya berita bahwa Jepang telah menyerah tanpa syarat pada Sekutu tanggal 15 Agustus 1945, di Indonesia terjadi perbedaan sikap antara golongan muda dan golongan tua mengenai proklamasi kemerdekaan Indonesia.

Golongan muda yang ingin kemerdekaan diproklamasikan segera, untuk menghindari vacuum of power (kekosongan kekuasaan).

Golongan tua berpendapat  bahwa proklamasi didiskusikan terlebih dahulu dengan PPKI dan dilakukan sesuai rencana semula, untuk mencegah pertumpahan darah.

Perbedaan pendapat golongan tua dan golongan muda menyebabkan peristiwa Peristiwa Rengasdengklok. Pada peristiwa ini terjadi penculikan yang dilakukan oleh sejumlah pemuda antara lain Soekarni, Wikana, Aidit dan Chaerul Saleh dengan membawa dua tokoh perjuangan, Soekarno dan Muhammad Hatta, pada tanggal 16 Agustus 1945 pukul 03.00, menuju ke Rengasdengklok, sebuah kota kecil di Kabupaten Karawang, Provinsi Jawa Barat.

Para pemuda membawa Sukarno dan Hatta ke Rengasdengklok, dan berharap Soekarno dan Mohammad Hatta bersedia menyatakan Proklamasi Kemerdekaan pada tanggal 16 Agustus 1945. Namun Sukarno dan Hatta menolak usul ini. Setelah Ahmad Subarjo datang dan memastikan bahwa kemerdekaan Indonesia akan dilaksanakan tanggal 17 Agustus 1945, maka para pemuda bersedia melepaskan Soekarno dan Hatta beserta rombongannya untuk kembali ke Jakarta.

Malam harinya, Soekarno dan Hatta kembali ke Jakarta. Keesokannya, pada tanggal 17 Agustus 1945 Proklamasi kemerdekaan Indonesia dibacakan di Jalan Pegangsaan Timur 56, Jakarta Pusat, yang saat ini dinamakan Jalan Proklamasi. Tempat ini merupakan kediaman Ir Sukarno.      

Pelajari Lebih Lanjut

1. Ketika tiba di Jakarta dari Rengasdengklok, Soekarno, dan Moh. Hatta segera menemui ....

yomemimo.com/tugas/4654618

2. Apa hasil kesepakatan pada peristiwa Rengasdengklok?

yomemimo.com/tugas/14329412

Detail Jawaban    

Kode: 7.9.3  

Kelas: 7  

Mata pelajaran: PPKN      

Materi: Bab 3 - Pembelajaran Perumusan dan Pengesahan UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945

Kata kunci: Peristiwa Rengasdengklok

Semoga dengan pertanyaan yang sudah terjawab oleh diahviolin dapat membantu memudahkan mengerjakan soal, tugas dan PR sekolah kalian.

Apabila terdapat kesalahan dalam mengerjakan soal, silahkan koreksi jawaban dengan mengirimkan email ke yomemimo.com melalui halaman Contact

Last Update: Fri, 20 Dec 13