Manakah yang termasuk alasan kasir belum bisa digantikan oleh sistem

Berikut ini adalah pertanyaan dari Novalia8150 pada mata pelajaran Ekonomi untuk jenjang Sekolah Menengah Pertama

Manakah yang termasuk alasan kasir belum bisa digantikan oleh sistem self checkout.

Jawaban dan Penjelasan

Berikut ini adalah pilihan jawaban terbaik dari pertanyaan diatas.

Seiring dengan perkembangan serta kemajuan teknologi, masyarakat tidak harus selalu melayani pelanggan. Meskipun tidak dibantu oleh para staf, mereka nantinya bisa mendapatkan sendiriproduk-produk yang mereka butuhkan dan konseppembelian tanpa dilayaniolehstafini dikenal denganSelf serviceatauSelf checkout.

Pembahasan :

Self checkoutmerupakan fasilitas yang mana memungkinkan penggunanya untuk membayar serta mengemas barang belanjaan merekasendiritanpa dibantu olehkasir. Fasilitas ini ada karna para pengguna hanya cukup me-scan barang belanja mereka, lalu mengemas serta membayarnya sendiri pada mesin yang sudah disediakan. Dibalik kemudahan ini, tentunya masih banyak pengguna yang masih belum terbiasa melakukan semuanya sendiri.

Berikut alasan kasir belum bisa digantikan oleh sistem self checkout :

  • Dengan sistem ini, konsumen bisa saja membeli barang tanpa melakukan pemindaian. Ataupun konsumen dikhawatirkan dapat menukar belanjaan mereka yang berharga murah dengan barang yang harganya jauh lebih mahal setelah barang yang lebih murah tersebut di-input ke dalam sistem pembayaran. Tentunya hal ini cukup membuat kontributor mendapatkan kerugian besar.
  • Ketika konsumen mengalami persoalan yang mengakibatkan transaksi jadi terhambat, pada akhirnya transaksi tersebut diambil alih kembali oleh petugasataupegawai.
  • Terkadang konsumen berpotensi untuk membatalkan pembelian dari beberapa item yang tak mampu dipindai oleh mesin.
  • Terbukanya peluang bagi konsumen yang kurang baik atau nakal untuk melakukan hal buruk seperti pencurian.

Pelajari lebih lanjut materi tentang jenis usaha dengan sistem pelayanan self checkout atau self service

yomemimo.com/tugas/33997770

#BelajarBersamaBrainly #SPJ4

Semoga dengan pertanyaan yang sudah terjawab oleh mawarniika162 dapat membantu memudahkan mengerjakan soal, tugas dan PR sekolah kalian.

Apabila terdapat kesalahan dalam mengerjakan soal, silahkan koreksi jawaban dengan mengirimkan email ke yomemimo.com melalui halaman Contact

Last Update: Sun, 05 Feb 23