Belahan ini, kebutuhan bahan baku industri kerajinan ukir dari kayu

Berikut ini adalah pertanyaan dari haikalf1267 pada mata pelajaran Ekonomi untuk jenjang Sekolah Menengah Pertama

Belahan ini, kebutuhan bahan baku industri kerajinan ukir dari kayu jati di desa kertapati semakin meningkat karena naiknya minat konsumen pada ragam furniture. Sementara itu kayu jati yang bisa didapatkan dan diolah oleh para lengrajin saat ini jumlahnya sangat terbatasDampak dari kelangkaan bahan baku tersebut bagi masyarakat adalah..

Jawaban dan Penjelasan

Berikut ini adalah pilihan jawaban terbaik dari pertanyaan diatas.

Belakangan ini, kebutuhan bahan baku industri kerajinan ukir dari kayu jati di Desa Kertapati semakin meningkat karena naiknya minat konsumen pada ragam furniture. Sementara itu kayu jati yang bisa didapatkan dan diolah oleh para pengrajin saat ini jumlahnya sangat terbatas. Dampak dari kelangkaan bahan baku tersebut bagi masyarakat adalah kelangkaan kayu jati dapat membuat konsumen lebih memilih menggunakan furniture dari bahan baku jenis kayu lain. Maka jawaban yang paling tepat adalah D.

a. Kayu Jati akan menjadi barang yang langka sehingga pemasok akan terus berusaha menaikkan harga kayu jati di pasar luar negeri.

b. Kenaikkan harga kayu jati yang semakin langka akan dijadikan sebagai kebijakan pemda untuk menambah pendapatan.

c. penggunaan kayu jati harus dilakukan sehemat mungkin sebelum ditemukan kembali sumber bahan baku pengganti.

d. kelangkaan kayu jati dapat membuat konsumen lebih memilih menggunakan furniture dari bahan baku jenis kayu lain.

e. kelangkaan kayu jati di suatu daerah akan bisa ditutupi dengan kelebihan pasokan kayu jati di daerah lain asalkan ada kerjasama.

Pembahasan

Kelangkaan akan menyebabkan harga suatu barang naik, hal ini dikarenakan jumlah permintaan yang meningkat sedangkan penawaran yang sedikit. akan tetapi harga tersebut dapat dikendalikan jika adanya barang pengganti.

Seperti contoh kasus diatas, jika harga kayu jati meningkat dikarenakan jumlah kayu jati yang sedikit, maka masyarakat dapat menggunakan kayu lain sebagai bahan baku pengganti yang digunakan untuk membuat furniture.

Pelajari lebih lanjut

1. Materi tentang kelangkaan yomemimo.com/tugas/3451710

2. Materi tentang teori kebutuhan primer, sekunder dan tersier yomemimo.com/tugas/3741551

3. Materi tentang alat pemuas kebutuhan yomemimo.com/tugas/6821689

---------------------------

Detil Jawaban

Kelas : X (1 SMA)

Mapel : Ekonomi

Bab : Ilmu Ekonomi dan Permasalahannya

Kode ; 10.12.1

Kata Kunci : Barang Pengganti, Kelangkaan.

Semoga dengan pertanyaan yang sudah terjawab oleh TRIE23 dapat membantu memudahkan mengerjakan soal, tugas dan PR sekolah kalian.

Apabila terdapat kesalahan dalam mengerjakan soal, silahkan koreksi jawaban dengan mengirimkan email ke yomemimo.com melalui halaman Contact

Last Update: Wed, 05 Jun 19