1. / Belanja pegawai merupakan contoh pengeluaran…2. / Salah satu

Berikut ini adalah pertanyaan dari Maesaro5360 pada mata pelajaran Ekonomi untuk jenjang Sekolah Menengah Pertama

1. / Belanja pegawai merupakan contoh pengeluaran…

2. / Salah satu sumber penerimaan APBN yang

berasal dari penerimaan bukan pajak adalah bagian

laba atas

3. /Salah satu penerimaan daerah yang merupakan

pendapatan asli daerah adalah …

5. / Asas anggaran … , yaitu suatu asas anggaran

yang ditetapkan oleh suatu Negara apabila jumlah

pengeluaran Negara lebih kecil dari penerimaan

Negara.

7. /Pajak yang dikenakan atas dasar subjeknya disebut

pajak …

8. /Salah satu contoh pendapatan asli daerah yang sah

adalah …

13. /Pengeluaran daerah untuk reboisasi merupakan

jenis pengeluaran daerah dalam bidang …

15. /Pungutan yang dikenakan untuk barang barang

tertentu, seperti tembakau, alcohol, gula, adalah …

16. /Stelsel pajak yang mengandung maksud bahwa

pajak dikenak

Jawaban dan Penjelasan

Berikut ini adalah pilihan jawaban terbaik dari pertanyaan diatas.

Pengeluaran rutin merupakan pengeluaran pemerintah untuk kegiatan-kegiatan rutin yang sifatnya permanen dan terus menerus. Contoh : belanja pegawai, belanja barang, subsidi daerah otonom, bunga, cicilan utang, dan pengeluaran rutin lainnya (pengeluaran surat menyurat, giro pos, biaya pemilu, subsidi).

Sumber-Sumber Penerimaan Negara (APBN)

sumber penerimaan atau pendapatan negara adalah sebagai berikut:

1. Penerimaan Perpajakan

penerimaan perpajakan terdiri dari:

Pendapatan Pajak Dalam Negeri, semua penerimaan negara yang berasal dari pendapatan pajak penghasilan, pendapatan pajak pertambahan nilai barang dan jasa, pendapatan pajak penjualan atas barang mewah, pendapatan pajak bumi dan bangunan, pendapatan cukai, dan pendapatan pajak lainnya.

Pendapatan Pajak Perdagangan Internasional, semua penerimaan negara yang berasal dari pendapatan bea masuk, dan pendapatan bea keluar.

2. Penerimaan Negara Bukan Pajak, yaitu semua penerimaan Pemerintahan Pusat yang diterima dalam bentuk penerimaan dari sumber daya alam, bagian Pemerintah atas laba Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Pendapatan Badan Layanan Umum (BLU) , PNBP lainnya.

3. Penerimaan Hibah, yaitu penerimaan negara baik dalam bentuk devisa dan/atau devisa yang dirupiahkan, rupiah, maupun dalam bentuk barang, jasa, dan surat berharga yang diperoleh dari pemberi hibah yang tidak perlu dibayar kembali dan yang tidak mengikat, baik berasal dari dalam negeri maupun luar negeri

Pajak daerah merupakan jenis pendapatan asli daerah yang berasal dari iuran wajib seseorang atau badan kepada daerah. ... Hal ini terdapat dalam Undang-Undang nomor 28 Tahun 2009 yang mengatur jenis pendapatan daerah yang bersumber dari pajak dan retribusi daerah.

5.,Asas anggaran surplus, yaitu suatu anggaran yang ditetapkan oleh suatu Negara apabila pengeluaran Negara lebih kecil dari pada penerimaan Negara (pengeluaran Negara < penerimaan Negara).

7.subjek pajak

8. Jasa giro, pendapatan bunga;

13.dana alokasi khusus

15. Cukai adalah pungutan negara yang dikenakan terhadap barang-barang tertentu yang mempunyai sifat dan karakteristik tertentu, yaitu: konsumsinya perlu dikendalikan, peredarannya perlu diawasi, pemakaiannya dapat menimbulkan dampak negatif bagi masyarakat atau lingkungan hidup.

16. Stelsel Pajak merupakan sistem pemungutan pajak yang digunakan untuk menghitung besarnya pajak yang harus dibayarkan oleh para wajib pajak. Pemungutan pajak dapat dilakukan dengan stelsel yang terdiri dari 3 jenis, yaitu Stelsel Nyata (Riil), stelsel Anggapan (fiktif), dan Stelsel Campuran.

Semoga dengan pertanyaan yang sudah terjawab oleh agniganteng9 dapat membantu memudahkan mengerjakan soal, tugas dan PR sekolah kalian.

Apabila terdapat kesalahan dalam mengerjakan soal, silahkan koreksi jawaban dengan mengirimkan email ke yomemimo.com melalui halaman Contact

Last Update: Mon, 19 Jul 21