The Content Motivation theories terdiri dari hierarchy of needs theory,

Berikut ini adalah pertanyaan dari iwanrahma4536 pada mata pelajaran Ekonomi untuk jenjang Sekolah Menengah Atas

The Content Motivation theories terdiri dari hierarchy of needs theory, two factor theory dan acquired needs theory, Jelaskan dari 3 teori motivasi tsb, mana yang Saudara pilih dan jelaskan teori tsb mengapa dimasukan dalam The Content Motivation theories " .

Jawaban dan Penjelasan

Berikut ini adalah pilihan jawaban terbaik dari pertanyaan diatas.

3 teori motivasi tersebut dimasukkan kedalam the content motivation theories karena ketiga teori motivasi tersebut menitikberatkan pada apa itu motivasi dan menekankan pentingnya mengenai faktor dalam diri individu serta hal yang mendorong seseorang untuk bertindak.

Saya akan memilih hierarchy of needs theory dari maslow karena teori ini terdapat hierarki yang lengkap dan relevan dengan kehidupan manusia baik itu di dalam organisasi maupun dalam kehidupan sehari-hari mulai dari pemenuhan kebutuhan fisiologis, keamanan, sosial, penghargaan, dan aktualisasi diri.

Pembahasan

The Content Motivation Theories

  • Hierarchy of needs theory (Teori hierarki Maslow)

Teori ini mengungkapkan jika 5 kebutuhan manusia itu ada hierarkinya. Berikut kelima kebutuhan manusia tersebut:

  1. Kebutuhan Fisiologis, kebutuhan manusia yang kebutuhan primer.
  2. Kebutuhan Keamanan, merupakan kebutuhan dari rasa aman akan kekerasan fisik maupun psikis.
  3. Kebutuhan Sosial, merupakan kebutuhan untuk mencintai dan dicintai.
  4. Kebutuhan Penghargaan, kebutuhan ini biasanya ada apabila kebutuhan fisiologis, sosial, dan keamanan sudah terpenuhi.
  5. Kebutuhan Aktualisasi Diri, kebutuhan ini adalah kebutuhan yang tertinggi. Biasanya kebutuhan ini merupakan kebutuhan seseorang yang ingin memenuhi ambisi/achievement pribadi.
  • Two factor theory (Teori dua faktor herzberg)

Biasa disebut teori M-H. Teori ini menjelaskan bagaimana seorang pemimpin dapat mengendalikan faktor-faktor yang dapat memberikan kepuasan kerja ataupun tidak. Motivasi sebagai faktor dari sumber kepuasan kerja seperti prestasi, tanggung jawab, dan penghargaan.

Faktor yang lain yaitu “iklim baik” yang dapat dibuktikan bukan sebagai sumber dari kepuasan kerja namun sebagai ketidakpuasan kerja.

  • Acquired needs theory (Teori Motivasi McClelland)

Terdapat 3 kebutuhan yang dijelaskan di dalam teori ini, antara lain:

  1. Kebutuhan prestasi
  2. Kebutuhan afiliasi.
  3. Kebutuhan kekuasaan.

Pelajari Lebih Lanjut

#BelajarBersamaBrainly

#SPJ4

Semoga dengan pertanyaan yang sudah terjawab oleh hatemonday dapat membantu memudahkan mengerjakan soal, tugas dan PR sekolah kalian.

Apabila terdapat kesalahan dalam mengerjakan soal, silahkan koreksi jawaban dengan mengirimkan email ke yomemimo.com melalui halaman Contact

Last Update: Mon, 05 Sep 22