Joni seorang mahasiswa membeli laptop bekas dengan merek terkenal di

Berikut ini adalah pertanyaan dari chrisna251986 pada mata pelajaran Ekonomi untuk jenjang Sekolah Menengah Atas

Joni seorang mahasiswa membeli laptop bekas dengan merek terkenal di Toko Realcom Pasar Baru. Secara fisik laptop tersebut terlihat tidak mempunyai cacat sedikit pun, dan penjual memberikan garansi personal 7 hari. Joni memakai laptopnya baru dua kali di hari ke 2 dan di hari ke 8. Pada saat di hari ke 8 Joni memakai laptopnya hanya untuk mengetik tugas kampus dan pada saat itu laptopnya langsung error dan layarnya berwarna biru. Penjual tidak mau bertanggung jawab atas kerusakan yang Joni sendiri tidak merasa merusak barang tersebut. Akhirnya Joni membawa laptopnya ke tukang servis professional, laptopnya dinyatakan rusak karena chargernya tidak sesuai dengan kebutuhan yang mengakibatkan laptopnya menjadi rusak (charger tidak ori).Pertanyaan:
a. Dengan membaca kasus di atas, apakah Toko Realcom harus memenuhi kewajiban atas laptop yang dijual ? kemukakan alasan anda!
b. Apakah yang dapat dilakukan Joni terhadap penjual yang melakukan perbuatan sebagai cacat
tersembunyi ?
c. Apakah kewajiban yang harus dilakukan penjual dalam kaitannya dengan cacat tersembunyi barang dagangannya? kemukakan pendapat anda!

Jawaban dan Penjelasan

Berikut ini adalah pilihan jawaban terbaik dari pertanyaan diatas.

Jawaban:

a. karena garansi hanya 7 hari, bisa dikatakan sudah lewat masa garansi. Seharusnya masih bisa di perbaikin, karena hanya lewat sehari..

b. bersabar, karena penjual laptop memiliki banyak laptop dan tidak semuanya di operasikan, dan mungkin joni mengoprasikan laptop, melebihi batas kewajaran. seperti menggunakan aplikasi berat atau bermain game yang sangat berat.

c. menjelaskan kondisi barang dan meminta maaf karena ada kerusakan atas laptop bekas yang dijual,  karena kerusakan pada perangkat adalah resiko dari pembelian barang bekas. karena laptop bekas bukan laptop keluaran terbaru, yang baru di produksi, dan telah dipakai oleh orang lain.

Penjelasan:

Semoga dengan pertanyaan yang sudah terjawab oleh ridlwansetya dapat membantu memudahkan mengerjakan soal, tugas dan PR sekolah kalian.

Apabila terdapat kesalahan dalam mengerjakan soal, silahkan koreksi jawaban dengan mengirimkan email ke yomemimo.com melalui halaman Contact

Last Update: Sat, 17 Sep 22