1. Seorang warga negara Singapura yang mempunyai domisili di Jakarta,

Berikut ini adalah pertanyaan dari fikandrawarzinaka pada mata pelajaran Ekonomi untuk jenjang Sekolah Menengah Atas

1. Seorang warga negara Singapura yang mempunyai domisili di Jakarta, kemudian meninggal dunia dengan meninggalkan sejumlah harta bergerak di Jakarta tanpa ada surat wasiat.Berdasarkan contoh kasus di atas, menurut analisis Anda adakah proses renvoi
pada kasus ini? tentukan pula hukum yang berlaku bagi peristiwa HPI yang
terkait dengan pewarisan ini.

Jawaban dan Penjelasan

Berikut ini adalah pilihan jawaban terbaik dari pertanyaan diatas.

Berikut jawaban soal di atas:

  • Iya, pada kasus ini terdapat proses renvoi. Renvoi maksudnya adalah adanya ketentuan hukum perdata internasional yang harus dikesampingkan demi untuk mendapatkan keputusan yang dipandang paling baik. Dalam hal ini perlu pula ditambahkan bahwa salah satu sifat dari hukum perdata internasional adalah mengandung asas lex fori di mana hukum perdata internasional tunduk di bawah hukum nasional. Untuk kasus di atas, jika kita melihat yurisdiksinya maka penentuan keputusan atas asetnya menggunakan hukum Indonesia.
  • Hukum yang berlaku untuk kasus di atas adalah hukum perdata nasional yang berlaku di Indonesia.

Pembahasan

Kasus di atas akan diselesaikan dengan remission atau single renvoi. Berdasarkan asas lex fori maka sistem hukum akan merujuk ke sistem hukum di mana pewaris menjadi warga negara dengan tujuan untuk menemukan fakta-fakta hukum terkait masalah pewarisan. Untuk kasus di atas maka hukum asing yang dirujuk adalah Singapura. Perujukan ini disebabkan tak adanya surat waris yang disampaikan sehingga tak ada ketentuan pengecualian yang bisa dipegang. Oleh hukum perdata internasional, juga hukum perdata Singapura akan kembali merujuk pada hukum perdata yang berlaku di Indonesia sebab terdapat titik pertalian primer dengan wilayah Indonesia sehingga hukum yang akan digunakan menyelesaikan persoalan ini dikembalikan pada hukum domestic (KUH Perdata Indonesia) mengenai waris.

Pelajari Lebih Lanjut

#BelajarBersamaBrainly

#SPJ1

Semoga dengan pertanyaan yang sudah terjawab oleh varlord dapat membantu memudahkan mengerjakan soal, tugas dan PR sekolah kalian.

Apabila terdapat kesalahan dalam mengerjakan soal, silahkan koreksi jawaban dengan mengirimkan email ke yomemimo.com melalui halaman Contact

Last Update: Wed, 01 Feb 23