jelaskan dengan menggunakan kurva apakah yang dimaksud dengan pasartolong bantu

Berikut ini adalah pertanyaan dari yudaferdiawan pada mata pelajaran Ekonomi untuk jenjang Sekolah Menengah Atas

Jelaskan dengan menggunakan kurva apakah yang dimaksud dengan pasartolong bantu jawab kak dengan kurva juga ya​

Jawaban dan Penjelasan

Berikut ini adalah pilihan jawaban terbaik dari pertanyaan diatas.

Penjelasan:

Pasar dalam ekonomi dapat didefinisikan sebagai tempat bertemunya penjual dan pembeli dalam rangka melakukan transaksi jual beli barang atau jasa. Pada umumnya, pasar digambarkan dengan menggunakan kurva permintaan dan kurva penawaran.

Kurva permintaan adalah grafik yang menunjukkan hubungan antara harga suatu barang dengan jumlah barang yang diminta oleh konsumen pada setiap tingkat harga. Kurva permintaan umumnya menunjukkan bahwa semakin rendah harga barang, maka semakin tinggi jumlah barang yang diminta.

Sementara itu, kurva penawaran adalah grafik yang menunjukkan hubungan antara harga suatu barang dengan jumlah barang yang ditawarkan oleh produsen pada setiap tingkat harga. Kurva penawaran menunjukkan bahwa semakin tinggi harga barang, maka semakin banyak jumlah barang yang ditawarkan.

Ketika kurva permintaan dan kurva penawaran bertemu, maka akan terbentuk suatu titik yang disebut dengan titik keseimbangan pasar atau titik ekuilibrium. Pada titik ini, jumlah barang yang ditawarkan dan jumlah barang yang diminta sama besarnya, sehingga terjadi kesetimbangan antara penawaran dan permintaan. Harga pada titik keseimbangan pasar inilah yang akan menjadi harga pasar yang berlaku untuk barang atau jasa tersebut.

Semoga dengan pertanyaan yang sudah terjawab oleh dheanr774 dapat membantu memudahkan mengerjakan soal, tugas dan PR sekolah kalian.

Apabila terdapat kesalahan dalam mengerjakan soal, silahkan koreksi jawaban dengan mengirimkan email ke yomemimo.com melalui halaman Contact

Last Update: Sat, 05 Aug 23