bagaimana sistem ekonomi pasar bebas menyelesaikan masalah ekonominya?

Berikut ini adalah pertanyaan dari SifaSavira pada mata pelajaran Ekonomi untuk jenjang Sekolah Menengah Atas

Bagaimana sistem ekonomi pasar bebas menyelesaikan masalah ekonominya?

Jawaban dan Penjelasan

Berikut ini adalah pilihan jawaban terbaik dari pertanyaan diatas.

Cara sistem ekonomi pasar bebas untuk menyelesaikan masalah ekonominya

Dalam suah sistem ekonomi yang dimana salah satunya adalah pasar bebas adalah sebuah bentuk pasar yang dimana segala yang ada di dalam pasar tersebut kemudian diatur oleh pelaku pasar itu sendiri yang dimana tidak ada satupun campur tangan pemerintah berada dalam kegiatan pasar, kecuali apabila ada sebuah keadaan yang dimana bersifat urgent. Hal itulah yang membedakan ekonomi pasar bebas dengan pasar lainnya yang ada.

Kemudian, pasar bebas sendiri sejatinya karena segala sesuatu yang ada dalam sebuah pasar yang mengatur perekonomian yang ada di pasar sehingga terkadang muncul berbagaimacam masalah yang dimana contohnya adalah terjadinya kenaikan harga tersendiri dan bahkan harga tersebut melambung sangat tinggi. Bagaimana sistem ekonomi pasar bebas mengatasi hal tersebut? Hal tersebu dapat dilakukan dengan cara melakukan penyelesaian berdasarkan permintaan terhadap suatu barang dan juga kebutuhan dari suatu barang ( supply and demand ) yang dimana biasa kita sebut dengan mekanisme pasar. Mekanisme pasar tersebutlah kemudian yang membuat berbagaimacam hasil, apabila suatu harga melonjak sangat tinggi, maka tidak akan ada yang mampu membeli yang dimana perlahan-lahan harga akan menjadi normal sendiri dikarenakan tidak banyak orang yang dimana mampu untuk membeli barang tersebut, terlebih apabila barang tersebut adalah sebuah barang pokok yang dimana semua orang mampu membeli barang tersebut, apabila tidak ada yang mampu membeli barang terebut, para pemain retail dan juga produsen maka dengan sengaja perlahan-lahan akan mengembalikan harga menuju harga normal.

Kecuali apabila ada sebuah bencana alam yang dimana memaksakan harga menjadi sangat naik maka sistem ekonomi pasar bebas tidak akan berlaku di daerah tersebut dan pemerintah akan turun tangan untuk memperbaiki daerah tersebut hingga menjadi normal kembali.

Pelajari lainnyna:

- Pasar bebas di wilaya asia disebut yomemimo.com/tugas/9454956

- Pasar bebas asean dikenal dengan istilah yomemimo.com/tugas/9454956

- Pasar bebas asean meruppakan bneutk kerjasama bidang yomemimo.com/tugas/5643357

Kelas : 10

Mapel : Ekonomi

Kategori :Bab 1 - Ilmu Ekonomi dan Permasalahannya

Kata Kunci : Pasar Bebas, Pemerintah, Pasar

Kode : 10.12.1

Semoga dengan pertanyaan yang sudah terjawab oleh dannyrizkypp5cqqg dapat membantu memudahkan mengerjakan soal, tugas dan PR sekolah kalian.

Apabila terdapat kesalahan dalam mengerjakan soal, silahkan koreksi jawaban dengan mengirimkan email ke yomemimo.com melalui halaman Contact

Last Update: Sun, 13 Dec 15