5 contoh kebijakan ekspor dan impor dalam perdagangan internasional

Berikut ini adalah pertanyaan dari hanacaroline16 pada mata pelajaran Ekonomi untuk jenjang Sekolah Menengah Atas

5 contoh kebijakan ekspor dan impor dalam perdagangan internasional

Jawaban dan Penjelasan

Berikut ini adalah pilihan jawaban terbaik dari pertanyaan diatas.

5 kebijakan ekspor dan  impor dalam perdagangan internasional yaitu:

  1. Politik Dumping, contohnya Jepang mengekspor produk otomotif ke Indonesia dengan harga yang lebih murah dari pada di negaranya sendiri, misalnya harga mobil di Indonesia dijual dengan harga Rp.100.000.000 sedangkan di Jepang di jual dengan harga Rp.200.000.000. Hal ini dilakukan agar nilai ekspor-nya lebih meningkat.
  2. Kebijakan perdagangan bebas, contohnya Indonesia dengan Singapura menyetujui adanya perdagangan bebas, jadi baik warga negara Indonesia maupun warga negara singapura dapat bebas menjual produknya ke masing-masing negara.
  3. Tarif yaitu pajak yang dikenakan atas barang yang masuk wilayah kepabean suatu negara, misalnya jika kita mengimpor baja dari Rusia maka akan dikenakan tarif.
  4. Pembatasan impor contohnya, dikarenakan produksi beras dalam negeri meningkat, maka impor beras yang semula 100.000 ton dibatasi menjadi 10.000 ton saja.
  5. Subsidi ekspor, misalnya pemerintah memberikan sejumlah uang sebagai subsidi kepada PT. Pertamina agar PT. Pertamina meningkatkan jumlah ekspor-nya.

Pembahasan

Dalam perekonomian 4 sektor dimana masyarakat luar negeri ikut terlibat dalam kegiatan ekonomi, maka kegiatan ekspor dan impor pasti dilakukan. Setiap negara di dunia pasti menginginkan nilai ekspor-nya selalu surplus di neraca pembayaran, artinya tingkat produksi barang dan jasa meningkat dan mampu mengembangkan penjualan sampai ke luar negeri.

Dengan meningkatnya ekspor, artinya pertumbuhan ekonomi semakin meningkat, dan ekonomi semakin kuat dan hal ini tentu akan sangat baik bagi pembangunan ekonomi dan kemakmuran rakyat. Oleh sebab itu, pemerintah akan melakukan kebijakan-kebijakan dalam perdagangan internasional, dal ini dikarenakan untuk melindungi produk-produk dalam negeri.

Pelajari lebih lanjut

1. Materi tentang kebijakan pemerintah dalam perdagangan internasional yomemimo.com/tugas/5441653

2. Materi tentang kebijakan pemerintah dalam perekonomian yomemimo.com/tugas/4833910

3. Materi tentang kebijakan pemerintah mendorong ekspor yomemimo.com/tugas/13871728

------------------------------------

Detil Jawaban

Kelas : IX (3 SMP)

Mapel : IPS

Bab : Perdagangan Internasional

Kode : 9.10.7

Kata Kunci : Perdagangan Internasional, Kebijakan Ekpor, Impor.

Semoga dengan pertanyaan yang sudah terjawab oleh TRIE23 dapat membantu memudahkan mengerjakan soal, tugas dan PR sekolah kalian.

Apabila terdapat kesalahan dalam mengerjakan soal, silahkan koreksi jawaban dengan mengirimkan email ke yomemimo.com melalui halaman Contact

Last Update: Wed, 26 Jul 17