apakah yang dimaksud badan usaha ekstraktif

Berikut ini adalah pertanyaan dari SuliZ5915gmailcom pada mata pelajaran Ekonomi untuk jenjang Sekolah Menengah Atas

Apakah yang dimaksud badan usaha ekstraktif

Jawaban dan Penjelasan

Berikut ini adalah pilihan jawaban terbaik dari pertanyaan diatas.

Badan usaha ekstraktif adalah bentuk badan usaha yang melakukan pengelolaan sumber daya alam mulai dari tahap eksplorasi, pengambilan,  pemrosesan hingga hasil jadi untuk keperluan pemenuhan kebutuhan manusia. Jenis badan usaha ini melakukan proses secara langsung usai mengambil hasil alam namun, setelah melakukan pengambilan badan usaha ini diharapkan dapat melakukan pemulihan kembali agar ketersediaan sumber daya alam tetap mencukupi apabila sumber daya yang diambil adalah sumber daya yang masih bisa diperbaharui.

Pembahasan

Badan usaha ektraktif merupakan salah satu jenis badan usaha menurut lapangan usahanya disamping badan usaha industri, agraris, perdagangan dan jasa.  Badan usaha ekstraktif identik dengan pengelolaan sumber daya alam yang akan memberikan manfaat bagi kehidupan manusia. Meskipun demikian, pengelolaan badan usaha ini memerlukan kehati-hatian karena badan usaha ini selain hanya mengambil juga perlu melakukan perhitungan pada sumber daya yang tidak dapat diperbaharui serta pemulihan alam pada sumber daya yang masih bisa diperbaharui untuk menjaga kelangsungannya.

Contoh dari badan usaha ekstraktif antara lain:

  • Pertambangan
  • Perikanan
  • Penyedia kayu pohon
  • Pertanian garam
  • Pengolahan material konstruksi

Pelajari lebih lanjut

1. Badan usaha perindustrian

yomemimo.com/tugas/10261855

2. Badan usaha agraris

yomemimo.com/tugas/12271476

3. Badan usaha perdagangan

yomemimo.com/tugas/15290798

Detil jawaban

Mata pelajaran: Ekonomi

Materi: Bab 7 - Konsep Badan Usaha

Kelas: 10 SMA

Kode kategorisasi: 10.12.7

#JadiRankingSatu

Semoga dengan pertanyaan yang sudah terjawab oleh ChrLiem dapat membantu memudahkan mengerjakan soal, tugas dan PR sekolah kalian.

Apabila terdapat kesalahan dalam mengerjakan soal, silahkan koreksi jawaban dengan mengirimkan email ke yomemimo.com melalui halaman Contact

Last Update: Fri, 18 May 18