Tugas utama Bank Sentral adalah menjaga stabilitas moneter dan mencapai

Berikut ini adalah pertanyaan dari mityessin78pd5fkj pada mata pelajaran Ekonomi untuk jenjang Sekolah Menengah Atas

Tugas utama Bank Sentral adalah menjaga stabilitas moneter dan mencapai pertumbuhan ekonomi dalam perekonomian sebuah Negara. Dalam konteks Global, Bank Sentral sebuah Negara untuk menjaga stabilitas perekonomian dunia. Dalam kehidupan nyata, fungsi Bank Sentral lebih luas dari pada hanya mengatur jumlah uang beredar, melalui kebijakan moneter.a. Sebutkan dan jelaskan beberapa fungsi utama yang biasanya dilakukan oleh bank sentral?
b. Ada 4 instrument kebijakan moneter yang digunakan oleh pemerintah melalui bank sentral untuk mengatur jumlah uang beredar. Sebutkan dan beri penjelasan bagaimana proses itu digunakan untuk mengaturj umlah uang beredar?

Jawaban dan Penjelasan

Berikut ini adalah pilihan jawaban terbaik dari pertanyaan diatas.

Jawaban:

A)

1. Menjaga stabilitas moneter

2. Mengawasi dan bikin regulasi buat bank

3. Menjaga sistem pembayaran tetap berjalan lancar

4. Melakukan riset dan pemantauan

5. Tempat menyimpan kas negara

.6Memberi bantuan kepada bank agar lepas dari krisis

B)

1. Kebijakan Pasar Terbuka (Open Market Operation)

Kebijakan pasar terbuka merupakan kebijakan yang diambil oleh bank sentral dengan cara menjual atau membeli surat berharga seperti Sertifikat Bank Indonesia (SBI).

- Bila bank sentral menjual SBI, maka akan mengurangi jumlah uang beredar untuk mengatasi inflasi

Ketika SBI dibeli oleh masyarakat, maka uang akan diterima bank sentral, akibatnya dapat mengurangi jumlah uang beredar.

- Bila bank sentral membeli SBI, maka akan menambah jumlah uang beredar untuk mengatasi defaluasi

Ketika bank sentral akan membeli SBI, maka bank sentral akan menukarkannya dengan uang, sehingga uang yang beredar di masyarakat akan bertambah.

2. Tingkat Bunga Diskonto (Discount Rate)

Kedua, tingkat bunga diskonto adalah kebijakan bank sentral menaikkan atau menurunkan tingkat suku bunga bank.

- Bila bank sentral menaikkan suku bunga akan berakibat mengurangi jumlah uang yang beredar untuk mengatasi inflasi

Jadi, ketika suku bunga dinaikkan maka masyarakat akan lebih tertarik untuk menabung di bank, Squad karena akan mendapatkan bunga yang lebih besar. Karena masyarakat berbondong-bondong menabung, maka uang yang bererdar akan berkurang, karena uangnya disimpan di bank.

- Bila menurunkan suku bunga maka akan menambah jumlah uang yang beredar untuk mengatasi deflasi

Jadi, ketika suku bunga diturunkan maka masyarakat akan lebih tertarik untuk menggunakan uang karena bila ditabung hanya mendapatkan keuntungan yang sedikit.

3. Cadangan Kas Minimal (Cash Ratio/Reserve Requirement)

Seperti namanya, cadangan kas minimal adalah kebijakan bank sentral untuk menaikkan atau menurunkan cadangan kas bank umum.

Bila bank sentral menaikkan cadangan kas maka akan mengurangi jumlah uang beredar untuk mengatasi inflasi.

- Bila menurunkan cadangan kas maka akan menambah jumlah uang beredar untuk mengatasi deflasi.

Jadi, bank umum harus mengelurakan uang lebih banyak ke masyarakat daripada menahan uang tersebut sebagai cadangan, nah karenanya jumlah uang yang beredar akan bertambah di masyarakat.

4. Pengawasan Kredit Selektif (Selective Credit Control)

Pengawasan kredit selektif ini juga merupakan kebijakan dari bank sentral lho, kebijakan ini menentukan jenis-jenis pinjaman mana yang harus dikurangi dan jenis pinjaman mana yang perlu didorong. Terdapat dua jenis kredit, yaitu:

- Kredit Ketat adalah kebijakan bank sentral untuk mengurangi jumlah uang yang beredar untuk mengatasi inflasi, maksudnya adalah syarat pemberian yang ketat akan mengurangi jumlah masyarakat atau pengusaha yang bisa memperoleh kredit, karena kesulitan dalam memperoleh kredit dengan syarat-syarat yang dipersulit.

- Kredit longgar adalah kebijakan bank sentral untuk menambah jumlah uang yang beredar untuk mengatasi deflasi, maksudnya adalah syarat pemberian yang longgar akan menambah jumlah masyarakat atau pengusaha yang bisa memperoleh kredit karena kemudahan dalam memperoleh kredit dengan syarat-syarat yang dipermudah. Dengan demikian, jumlah uang yang beredar dapat ditingkatkan.

5. Pembujukan Moral (Moral Suasion)

maaf kalau salah

Semoga dengan pertanyaan yang sudah terjawab oleh aalfi3309 dapat membantu memudahkan mengerjakan soal, tugas dan PR sekolah kalian.

Apabila terdapat kesalahan dalam mengerjakan soal, silahkan koreksi jawaban dengan mengirimkan email ke yomemimo.com melalui halaman Contact

Last Update: Fri, 23 Jul 21