Sebutkan jelaskan jenis – jenis kebijakan perdagangan Internasional di

Berikut ini adalah pertanyaan dari intaaaaan603 pada mata pelajaran Ekonomi untuk jenjang Sekolah Dasar

Sebutkan jelaskan jenis – jenis kebijakan perdagangan Internasional di bidang Export dan Impor ​

Jawaban dan Penjelasan

Berikut ini adalah pilihan jawaban terbaik dari pertanyaan diatas.

Jawaban:

Penjelasan:

Politik Dumping, contohnya Jepang mengekspor produk otomotif ke Indonesia dengan harga yang lebih murah dari pada di negaranya sendiri, misalnya harga mobil di Indonesia dijual dengan harga Rp.100.000.000 sedangkan di Jepang di jual dengan harga Rp.200.000.000. Hal ini dilakukan agar nilai ekspor-nya lebih meningkat.

Kebijakan perdagangan bebas, contohnya Indonesia dengan Singapura menyetujui adanya perdagangan bebas, jadi baik warga negara Indonesia maupun warga negara singapura dapat bebas menjual produknya ke masing-masing negara.

Tarif yaitu pajak yang dikenakan atas barang yang masuk wilayah kepabean suatu negara, misalnya jika kita mengimpor baja dari Rusia maka akan dikenakan tarif.

Pembatasan impor contohnya, dikarenakan produksi beras dalam negeri meningkat, maka impor beras yang semula 100.000 ton dibatasi menjadi 10.000 ton saja.

Subsidi ekspor, misalnya pemerintah memberikan sejumlah uang sebagai subsidi kepada PT. Pertamina agar PT. Pertamina meningkatkan jumlah ekspor-nya.

Semoga membantu.

Semoga dengan pertanyaan yang sudah terjawab oleh odegosyoel dapat membantu memudahkan mengerjakan soal, tugas dan PR sekolah kalian.

Apabila terdapat kesalahan dalam mengerjakan soal, silahkan koreksi jawaban dengan mengirimkan email ke yomemimo.com melalui halaman Contact

Last Update: Wed, 18 Aug 21