Proses yang terjadi di trakea saat bernapas adalah

Berikut ini adalah pertanyaan dari Syauqita pada mata pelajaran Biologi untuk jenjang Sekolah Menengah Pertama

Proses yang terjadi di trakea saat bernapas adalah

Jawaban dan Penjelasan

Berikut ini adalah pilihan jawaban terbaik dari pertanyaan diatas.

Mata pelajaran : biologi
Kelas : VIII SMP  
Kategori : Sistem pernafasan manusia 
Kode kategori berdasar kurikulum KTSP : 8.4.4
Kata kunci : organ repirasi, fungsi trakhea 

Jawaban: 

Trakea atau batang tenggorokan adalah sebuah tabung yang panjangnya sekitar 5 inci yang terbuat dari tulang rawan hialin, trakea adalah cincin berbentuk huruf C yang dilapisi dengan jaringan epitel kolumnar bersilia semu.

Trakea menghubungkan laring (pangkal tenggorokan) ke bronkus (cabang batang tenggorokan) dan memungkinkan udara untuk melewati leher dan ke dada. Cincin tulang rawan yang membentuk trakea memungkinkan untuk tetap terbuka setiap saat.


Ujung terbuka dari cincin tulang rawan menghadap posterior/belakang ke arah kerongkongan, sehingga kerongkongan memperluas ke ruang yang ditempati oleh trakea untuk mengakomodasi massa makanan bergerak melalui kerongkongan.


Fungsi utama dari trakea pada sistem pernapasan adalah:

1. Menyaring, melembabkan, dan mengatur suhu udara agar sesuai dengan suhu tubuh.

2. Sebagai penyedia saluran napas atau jalan napas, trakea menghubungkan laring dan paru-paru agar udara bisa masuk dan keluar dari paru-paru.

3. Sel-sel epitel yang melapisi trakea menghasilkan lendir yang dapat menangkap debu dan kontaminan lain dan mencegahnya mencapai/masuk ke paru-paru. 
Sel epitel juga berfungsi sebagai perangkap partikel debu di udara dan mendorong keluar dari saluran pernapasan, menuju faring (tenggorokan).

4. Silia pada permukaan sel epitel dapat memindahkan lendir menuju faring dimana debu dan kontaminan dapat tertelan dan dicerna dalam saluran pencernaan.

5. Trakea juga memungkinkan udara untuk melewati antara laring dan bronkus. Trakea ini memungkinkan udara untuk dibagi dan dialihkan ke kedua paru-paru dan berakhir di dua bronkus utama.

6. Otot trakhealis yang bergabung dengan kedua ujung cincin trakea berkontraksi sehingga menyebabkan konstraksi tabung trakea. Hal ini berguna untuk meningkatkan tekanan saat batuk untuk mengeluarkan partikel asing yang menyebabkan iritasi.


Fungsi trakhea diatas adalah proses yang terjadi saat terjadi proses repirasi/bernafas. 

(EK)


Semoga bermanfaat 

Semoga dengan pertanyaan yang sudah terjawab oleh claramatika dapat membantu memudahkan mengerjakan soal, tugas dan PR sekolah kalian.

Apabila terdapat kesalahan dalam mengerjakan soal, silahkan koreksi jawaban dengan mengirimkan email ke yomemimo.com melalui halaman Contact

Last Update: Fri, 19 Jan 18